Google Mengalah, Play Store Disaring dan Pakai Server Lokal

Kompas.com - 24/11/2015, 09:45 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google berencana mengekspansi kembali bisnisnya ke China. Langkah itu dimulai dengan meluncurkan Google Play Store di Negeri Ginseng, 2016 mendatang.

Tetapi tentu ada harga yang harus dibayar. China tak bakal serta-merta menerima kembali kehadiran Google.

Pasalnya, Google pernah menjalankan bisnis di China sebelumnya. Google kemudian angkat kaki pada 2010 lalu, lantaran menolak menyensor konten sensitif dari mesin pencarinya.

Kali ini, Google tampaknya rela mengikuti aturan main China. Dilansir KompasTekno, Senin (23/11/2015) dari Reuters, Google Play Store di China bakal diatur secara spesifik.

Toko aplikasi itu, kata dua sumber dalam, tak bakal sama dengan versi yang dijajal pengguna global. Konten bakal disaring sesuai hukum yang berlaku di China. Data di dalam Play Store juga harus disimpan di negeri Tirai Bambu itu.

Menurut mantan pekerja Google yang kini menjabat CEO perusahaan periklanan China PapayaMobile, Shen Si, Google harus mempersiapkan mental dan strategi jitu untuk rekonsiliasi dengan pemerintah China.

Tak hanya untuk masuk, tetapi juga untuk bertahan. "Jika ingin diterima pasar China, Google harus memilih produk yang penting bagi masyarakat China dan produk itu harus dilokalisasi," kata dia.

Pasar China terlalu besar untuk disepelekan.

Saat ini, kata sumber dalam, Google telah mempekerjakan beberapa orang untuk mempersiapkan peluncuran Play Store ala China.

Disinyalir, peluncuran akan berdekatan dengan Tahun Baru China, Februari mendatang. Untuk pembayaran aplikasi, Google dikatakan bekerja sama dengan Alipay -layanan pembayaran online dari Alibaba- dan pembayaran via WeChat.

Halaman:
Sumber Reuters



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.