Kompas.com - 07/12/2015, 07:03 WIB
Modul lensa kamera utama di bagian belakang Sony Xperia Z3. Terukir logo seri G Lens yang dikembangkan bersama pabrikan optik Carl Zeiss, ukuran sensor 1/2,3 inci serta resolusi sensor sebesar 20,7 megapixel yang diusungnya. Lampu flash LED bertengger di bawah lensa. Reska K. Nistanto/KompasTeknoModul lensa kamera utama di bagian belakang Sony Xperia Z3. Terukir logo seri G Lens yang dikembangkan bersama pabrikan optik Carl Zeiss, ukuran sensor 1/2,3 inci serta resolusi sensor sebesar 20,7 megapixel yang diusungnya. Lampu flash LED bertengger di bawah lensa.
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Akhir Oktober 2015 lalu, Toshiba mengumumkan secara resmi bahwa divisi sensor kamera CMOS miliknya bakal dibeli Sony. Kala itu belum jelas berapa nilai akuisisi yang disepakati kedua perusahaan.

Kini, proses akuisisi sudah resmi dilancarkan, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Jumat (4/12/2015).

Bisnis sensor gambar Toshiba terbeli senilai 155 juta dollar AS atau setara Rp 2 triliun. Nilai itu lebih kecil ketimbang perkiraan nilai akuisisi yang beredar sebelumnya 165 juta dollar AS.

Dengan ini, pabrik, alat dan pekerja di divisi sensor kamera Toshiba beralih ke naungan Sony. Tepatnya pada divisi Sony Semiconductor Coorporation yang memang khusus memproduksi sensor kamera.

Transfer aset dan pekerja Toshiba ke Sony dijadwalkan rampung pada akhir Maret 2016 mendatang. Akuisisi ini menegaskan niatan Sony untuk mendominasi pasar sensor kamera.

Diketahui, sensor kamera Sony memang dipercaya kredibel oleh beberapa vendor kenamaan. Divisi itu pula yang cukup besar berkontribusi pada pendapatan Sony secara keseluruhan.

Beberapa vendor yang menggunakan komponen sensor Sony antara lain Apple, Google dan Xiaomi. Terutama untuk produk-produk high-end para vendor tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.