Jadi Mitra Kemenkeu, Transaksi Penyaluran Dana APBN BNI Tumbuh 100 Persen

Kompas.com - 17/12/2015, 12:54 WIB
Gedung BNI KONTAN/ Daniel PrabowoGedung BNI
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan Republik Indonesia menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sebagai mitra menyalurkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Penyaluran dana akan diimplementasikan melalui Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

Kemitraan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama sebelumnya yang sudah berlangsung sejak Januari 2014 dan akan berakhir pada akhir Desember 2015.

Hingga akhir November 2015, BNI mencatat peningkatan sebesar 100 persen atau dua kali lipat pada jumlah Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang dilayani. Dalam hal ini dari 2,7 juta transaksi pada tahun 2014 menjadi 5,4 juta transaksi.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan dengan kerja sama ini, satuan-satuan kerja yang selama ini menjadi nasabah BNI akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam menyalurkan dana APBN.

Hal ini karena dana tersebut dapat langsung masuk ke rekening tanpa melalui proses Real Time Gross Settlement (RTGS).

Selain itu proses monitoring dan komplain handling atas dana masuk APBN lebih mudah dan terkontrol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat ini BNI melayani seluruh wilayah Indonesia. BNI menjadi mitra seluruh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang berjumlah 181 kantor. Total transaksi yang mencapai lebih dari 5,4 juta sepanjang tahun 2015 telah menyalurkan nominal dana APBN lebih dari Rp 172,4 triliun,” ujarnya dalam penjelasan resmi, Kamis (17/12/2015).

Melalui kerja sama ini, Kementerian Keuangan dapat memproses penyaluran APBN lebih cepat dan otomatis, karena sudah terintegrasi antara sistem Kementrian Keuangan dengan sistem Bank Operasional 1 Pusat, salah satunya BNI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.