Kompas.com - 11/01/2016, 09:10 WIB
Netflix istNetflix
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bertepatan dengan hadirnya Netflix di Indonesia, Opera memperkenalkan kembali layanan manajemen paket internet smartphone bertajuk "Opera Max". Menggunakan aplikasi ini, pengguna diklaim mampu menghemat penggunaan data internet secara signifikan.

Untuk menikmati layanan Netflix, ada berbagai jenis perangkat yang bisa digunakan. Beberapa antaranya, laptop, PC, televisi pintar, tablet, dan smartphone.

Cukup banyak pengguna Netflix yang menggunakan smartphone untuk menikmati streaming film di tengah perjalanan. Tidak ada yang salah dengan cara tersebut, tetapi streaming video tentunya menyedot kuota internet yang sangat besar.

Streaming film dengan kualitas SD diperkirakan akan menghabiskan paket data hingga 700 MB. Jika keasyikan nonton film selama lebih dari 2 jam, Anda bisa menggunakan paket data hingga lebih dari 1,4 GB.

Nah, Opera Max bisa membantu mengurangi penggunaan data tersebut. Opera mengklaim, sebagaimana KompasTekno kutip dari keterangan resminya, penghematan data bisa mencapai 60 persen, tanpa adanya pengurangan kualitas video yang terlalu berarti. Artinya, jika smartphone seharusnya menggunakan 1 GB paket data, bisa saja paket yang digunakan hanya 400 MB dengan menggunakan Opera Max ini.

Bagaimana cara kerja dari aplikasi Opera Max ini? Untuk menekan paket data, Opera Max akan mengirimkan video yang ingin ditonton ke servernya terlebih dahulu. Video tersebut akan dikompresi sedemikian rupa, sebelum dikirim ke smartphone pengguna.

Menariknya, selain untuk mengompresi data, Opera Max juga bisa digunakan untuk memblokir Netflix dari paket data ponsel. Aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh mengonsumsi data dari jaringan seluler.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia pun dapat digunakan untuk mengatur aplikasi apa yang bisa streaming apabila berada di jaringan Wi-Fi saja.

Jika Anda menggunakan paket data unlimited, Opera Max mungkin tidak akan terlalu banyak berarti. Akan tetapi, jika menggunakan paket data dengan quota, aplikasi tersebut bisa sangat membantu.

Opera Max sendiri baru tersedia di Android. Untuk mengunduhnya, silahkan kunjungi tautan berikut ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.