Ini Alasan Gojek dan Tokopedia Dilirik Pencari Kerja di Indonesia

Kompas.com - 24/02/2016, 14:49 WIB
Kantor Go-Jek Indonesia Reska K. Nistanto/KOMPAS.comKantor Go-Jek Indonesia
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Jobplanet, situs penyedia informasi pekerjaan, membeberkan hasil penelitian terbarunya seputar dunia rintisan digital atau biasa dikenal dengan istilah startup.

Menurut Jobplanet, saat ini masih ada pandangan bahwa startup merupakan perusahaan belum mapan. Meskipun begitu, para pencari kerja di Indonesia mulai banyak melirik lowongan di perusahaan startup, seperti di perusahaan Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Blibli.com.

Ada beberapa faktor internal yang memengaruhi kepuasan karyawan secara umum terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Di antaranya, faktor gaji dan tunjangan, jenjang karier, work-life balance, budaya perusahaan, dan manajemen.

"Dari kelima faktor tersebut, yang menjadi daya tarik startup di mata karyawan dan pencari kerja adalah faktor budaya perusahaan, serta gaji dan tunjangan. Faktor lain yang juga menarik perhatian adalah kesempatan meraih karier yang lebih terbuka," ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Berikut faktor-faktor yang menarik para pencari kerja di Indonesia melirik startup, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers Jobplanet, Rabu (24/2/2016).

Budaya perusahaan

Berdasarkan analisis, dari total 51 startup yang terdaftar di situs Jobplanet, rata-rata tingkat kepuasan karyawan terhadap budaya perusahaan mereka adalah sebesar 3,1 dari rating tertinggi 5,0. Rating 5 sendiri mewakili penilaian “sangat puas”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di antara sepuluh startup yang membuat penasaran para pencari kerja, Tokopedia,
Traveloka, dan Bukalapak.com mendapatkan rating budaya perusahaan yang tertinggi, yakni sama-sama meraih rating 4,3.

Menyusul di belakang mereka adalah Blibli.com (4,2), OLX Indonesia (4,0), Lazada (3,8), Gojek (3,7), Bhinneka.com (3,4), KMK Online (2,7), dan Zalora (2,3).

“Rating 4,0 mewakili penilaian ‘puas’. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa karyawan ataupun mantan karyawan Tokopedia, Traveloka, Bukalapak.com, Blibli.com, dan OLX Indonesia merasa puas dengan budaya perusahaan tempat mereka bekerja,” ujar Kemas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
E-BUSINESS
Ayo Bantu Garuda!
Ayo Bantu Garuda!
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.