XL Digitalkan Nelayan Yogyakarta dan Balikpapan

Kompas.com - 12/03/2016, 08:03 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - XL Axiata (XL) memperluas jangkauan program mFish miliknya ke Yogyakarta dan Balikpapan. Sejumlah nelayan pun berkesempatan mendapat paket mFish yang berguna sebagai alat bantu kerja berbasis teknologi digital.

Paket mFish terdiri dari ponsel, kartu SIM XL, pengisi baterai tenaga matahari, tas anti air dan kabel data.

Khusus untuk Yogyakarta, XL membagikan 160 paket untuk nelayan Pantai Baron, Gunung kidul, serta 100 lainnya untuk nelayan Pantai Depok, Bantul.

"Kami mulai mengimplementasikan mFish di Yogyakarta dengan harapan teknologi digital ini bisa dipakai oleh nelayan yang membutuhkan dukungan dan membuat mereka lebih produktif," terang Vice President Central Region XL, Bambang Parikesit melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Sabtu (12/3/2016).

Dia menambahkan nelayan yang mendapat paket ini tidak dilepas begitu saja tanpa pendamping. XL bekerja sama dengan PT Komunika Mitra Pratama untuk menyediakan petugas yang mengunjungi dan mendampingi pemakaian mFish selama 6 bulan.

Sementara itu di Balikpapan, XL menggelontorkan total 500 paket mFish. Setengahnya diberikan pada nelayan di Kampung Baru, setengahnya lagi diberikan pada nelayan di Manggar.

Sama seperti di Yogyakarta, XL juga menyediakan pendampingan pada nelayan di Balikpapan. Operator yang identik dengan warna biru itu bekerja sama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Balikpapan.

Selanjutnya tim ITK akan mengajarkan dan mendampingi pemakaian mFish tersebut. Durasi pendampingan ini pun sama, yaitu 6 bulan.

Sekadar diketahui mFish merupakan nama aplikasi yang dikembangkan oleh Tone. XL mendistribusikannya kepada nelayan dengan harapan bisa membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Aplikasi tersebut dibekali dengan informasi yang berguna bagi nelayan, antara lain prakiraan cuaca, lokasi plankton, arah dan kecepatan angin, hingga komunikasi antar nelayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.