Demi "Selfie", Pemuda Ini Hancurkan Patung Berusia 126 Tahun

Kompas.com - 11/05/2016, 11:51 WIB
Patung Dom Sebastio di antara gerbang stasiun kereta di kota Lisbon, Portugal, sebelum jatuh dan hancur gara-gara pengambil selfie Rafael Marchante/ ReutersPatung Dom Sebastio di antara gerbang stasiun kereta di kota Lisbon, Portugal, sebelum jatuh dan hancur gara-gara pengambil selfie
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Demi selfie, pengguna gadget sering kali melakukan tindakan tak bertanggung jawab yang membahayakan diri sendiri, orang lain, atau lingkungan sekitar.

Contohnya seperti yang dilakukan seorang pemuda 24 tahun asal Portugis ini.

Minggu lalu, sang pria yang namanya tidak disebutkan itu coba menjepret selfie dengan memanjat sebuah patung berusia 126 tahun di stasiun kereta api Rossio di kota Lisbon.

Gara-gara ulahnya tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Rabu (11/5/2016), patung antik yang tadinya berdiri di antara dua pintu gerbang itu jatuh ke lantai dan hancur berkeping-keping.

Infraestruturas de Portugal Kondisi patung yang setelah jatuh karena dipanjat untuk menjepret selfie
Si pemuda sempat berusaha melarikan diri, tetapi berhasil ditangkap oleh polisi yang memergoki aksinya di stasiun kereta.

Kini dia menghadapi tuntutan hukum dari Infraestruturas de Portugal, badan pemerintah yang bertanggung jawab atas patung tersebut.

Patung itu sendiri menggambarkan sosok Dom Sebastiao, raja Portugis dari abad ke-16 yang memerintah dari tahun 1557 hingga 1578.

Stasiun kereta api Rossio, tempat sang patung semula berdiri, merupakan gedung tua yang selesai dibangun pada 1890.



Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X