Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Rilis Aplikasi Khusus untuk "Selebtwit"

Kompas.com - 22/06/2016, 14:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Twitter merilis aplikasi teranyar buatannya bertajuk "Engage" di platform iOS. Layanan itu dibuat khusus untuk para tokoh masyhur di Twitter, atau yang biasa dijuluki "selebtwit".

Sesuai namanya, Engage diharapkan dapat meningkatkan keterikatan antara selebtwit dengan para fans atau followers mereka di Twitter.

Antarmuka Engage dibuat lebih sederhana ketimbang Twitter. Tak ada tampilan linimasa, melainkan dashboard yang menunjukan status aktivitas Twitter secara real-time.

Intinya, selebtwit bisa mengontrol performanya di Twitter tanpa harus mengetahui semua obrolan di jagat tersebut, sebagaimana dilaporkan TechRadar dan dihimpun KompasTekno, Selasa (22/6/2016).

Selebtwit dapat melihat berapa orang yang mengicaukan ulang (RT) kicauannya, memonitor jumlah followers, mengetahui jumlah mentions, serta menelusuri impresi yang dikumpulkan.

Komponen-komponen tersebut sejatinya sudah ada di aplikasi Twitter standar. Hanya saja, Engage membuatnya lebih terperinci dengan menambahkan informasi rentang waktu dan presentasi performa.

Engage memiliki tiga tab utama, yakni "Top", "Mention", dan "Verified". Pada Top, pengguna bisa melihat notifikasi standar seperti follower baru atau mention baru.

Sementara itu, Mention menunjukkan kicauan-kicauan paling penting dari sesama selebtwit. Terakhir, Verified memperlihatkan kicauan-kicauan dari akun terverifikasi.

Saat ini, aplikasi Engage baru tersedia di platform iOS dan pengguna di Amerika Serikat saja. Belum diketahui kapan aplikasi tersebut bisa dinikmati para selebtwit di Tanah Air, atau untuk platform lain, seperti Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com