5 Pertanda Ponsel Anda Pasangan Serasi "Pokemon Go"

Kompas.com - 18/07/2016, 16:38 WIB
Pokemon Go membutuhkan kekuatan dan kesiagaan smartphone agar tahan dibawa menangkap monster Pokemon seharian. ThinkstockPokemon Go membutuhkan kekuatan dan kesiagaan smartphone agar tahan dibawa menangkap monster Pokemon seharian.
|
EditorLatief


KOMPAS.com
- Tepat 20 tahun lalu Nintendo memasarkan game Pokemon ke tangan bocah-bocah tahun 90-an lewat gawai Game Boy. Hari ini, permainan itu datang lagi dan menantang Anda untuk menaklukan monster-monster Pokemon dengan bantuan smartphone.

Para monster tersebar di berbagai tempat. Aplikasi nantinya akan memberikan notifikasi sebagai pendeteksi keberadaan mereka. Kemudian, melalui layar ponsel, Anda dapat melihat keberadaan Pokemon dan menangkapnya. (Baca juga: Apa Itu Pokemon Go?).

Tapi, permainan tersebut membutuhkan kekuatan dan kesiagaan smartphone agar tahan dibawa menangkap monster Pokemon seharian. Nah, apa saja sekiranya yang membuat ponsel Anda menjadi pasangan serasi untuk bermain Pokemon Go? Berikut ini lima pertandanya:

1. Baterai

Pokemon Go berbasis augmented reality serta membutuhkan fungsi kamera, internet, dan GPS untuk menjalankannya. Belum lagi, notifikasi penanda keberadaan Pokemon yang mungkin datang kapan saja ketika mereka ada di sekitar Anda.

Radar bisa saja berbunyi ketika Anda makan siang atau di jalan sepulang kerja. Untuk itu, ada baiknya Anda membekali ponsel dengan baterai berkapasitas besar agar ponsel selalu siaga menaklukan dunia Pokemon.

Katakanlah, paling tidak ponsel Anda memiliki baterai berdaya 3.000 mAh sampai 3.600 mAh. Kapasitas sebesar itu tentunya membuat ponsel mampu bertahan sampai satu hari tanpa harus ribet mencari colokan atau disambungkan pada power bank.

2. Tidak cepat panas

Bagi yang sudah mencoba Pokemon Go, Anda pasti merasakan betapa "nagih"-nya game ini. Pemain bahkan bisa lupa diri dan menghabiskan waktu seharian menangkap Pokemon dan memerangi pemain lainnya.

Hasilnya, ponsel pun mudah overheat atau terlalu panas. Terlebih lagi, aplikasi Pokemon Go akan terus berjalan untuk mendeteksi keberadaan Pokemon meski tidak sedang dimainkan. Hati-hati, baterai dan ponsel Anda rawan rusak!

Solusinya, pemain sebaiknya rajin menutup aplikasi lain untuk mengurangi beban ponsel. Istirahatkan gawai dengan mematikannya saat Anda mengisi daya baterai.

Atau, Anda bisa memilih ponsel yang telah dilengkapi sistem pendingin sebagai alternatif lain. Sistem akan mencegah ponsel cepat panas meski dipakai main game dalam waktu lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X