Mulai Hari Ini, Google Maps Beri Tahu Waktu Kedatangan Bus TransJakarta

Kompas.com - 21/07/2016, 13:50 WIB
Fitur Transit di Google Maps memberikan informasi jadwal tiba bus TransJakarta mulai Kamis (21/7/2016). Fatimah Kartini/Kompas.comFitur Transit di Google Maps memberikan informasi jadwal tiba bus TransJakarta mulai Kamis (21/7/2016).
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Google Maps selama ini lebih dikenal untuk membantu para pengguna kendaraan pribadi. Kini, layanan peta digital itu juga hendak mempermudah para pengendara angkutan umum, khususnya pengguna bus Trans Jakarta.

Google meluncurkan fitur teranyar bertajuk "Transit" pada aplikasi Maps. Fitur hasil kerja sama Google dengan PT Transportasi Jakarta ini memberikan informasi, jadwal, dan waktu kedatangan bus-bus Trans Jakarta secara real-time.

Tujuannya agar pengguna mampu memprediksi waktu perjalanan sehari-hari dengan tepat sehingga menunjang produktivitas. Fitur "Transit" sudah bisa digunakan mulai hari ini, Kamis (21/7/2016).

"Tidak semua orang menyetir mobil. Banyak orang yang menggunakan angkutan umum. Kami ingin Google Maps bisa mempermudah siapa pun di mana pun dan kapan pun dibutuhkan," kata Director Google Maps Suren Ruhela dalam acara peluncuran Transit di Restoran Ms. Choo, Senopati, Jakarta, Kamis.

Inisiasi Google disambut baik oleh Trans Jakarta sebagai salah satu penyedia transportasi umum di ibukota. Direktur Utama PT Trans Jakarta, Budi Kaliwono, berharap fitur baru Google Maps mampu meningkatkan kepuasan masyarakat.

"Selama ini yang paling banyak diprotes kan soal jadwal karena banyak faktor misalnya macet. Langkah Google ini tentu akan sangat membantu kami," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Budi mengatakan Trans Jakarta selalu membuka diri jika ada pihak-pihak yang ingin bekerja sama seperti Google.

"Selama tujuannya untuk masyarakat, kami selalu open bagi siapa saja," ujarnya.

Bagi yang ingin memanfaatkan Transit, fitur itu tersedia di Google Maps iOS atau Android secara otomatis alias over the air. Anda juga bisa mengakses fitur ini pada situs Google Maps di desktop.

Setelahnya, Anda cukup memasukkan destinasi dan ikon berwarna biru di kanan bawah layar. Setelah diklik, pilih ikon Transit yang bergambar kereta.

Sekejap Anda akan bisa melihat waktu tiba, nomor koridor bus, rute, dan informasi lain yang diperlukan. Anda juga bisa menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar.

Transit sudah terintegrasi dengan 12 koridor halte Trans Jakarta yang melayani 68 rute. Tiap harinya ada rata-rata 800 bus yang beroperasi untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X