Terinspirasi "Pokemon Go", Apple Dorong Augmented Reality

Kompas.com - 29/07/2016, 10:18 WIB
Ilustrasi bermain Pokemon Go Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comIlustrasi bermain Pokemon Go
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tim Cook mungkin tak bisa menyebut nama Pokemon Go dengan benar, namun CEO Apple itu tetap menunjukkan ketertarikan terhadap game tersebut, terutama teknologi Augmented Reality (AR) di dalamnya.

Hal ini diungkapkan Cook dalam conference call laporan keuangan Apple pada Selasa lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Pocket Lint, Kamis (28/7/2016).

Baca: CEO Apple Salah Sebut Pokemon Go

Sambil memuji inovasi yang diketengahkan oleh Pokemon Go, dia menyebutkan bahwa AR bakal menjadi tren besar di masa depan. “Kami telah dan akan selalu berinvestasi di teknologi AR untuk jangka panjang,” ucap Cook.

Menurut Cook, teknologi AR menjanjikan peluang besar baik untuk pasar komersil maupun konsumen di industri teknologi. Apple pun disebutnya tak ingin ketinggalan dalam pengembangan AR.

Apple diketahui telah melakukan beberapa akuisisi perusahaan yang mengembangkan teknologi AR, seperti Metaio, Faceshift, dan Flyby Media.

Meski begitu, Cook tak merinci apa yang bakal dilakukan oleh Apple dengan teknologi AR di masa depan nanti.

Ada kemungkinan bahwa Apple tak hanya mengembangkan AR, melainkan juga Virtual Reality (AR), mungkin juga ada riset tentang perpaduan keduanya.

Akan halnya Pokemon Go, Cook menggelontorkan banjir pujian bagi game bikinan Niantic itu. Tak mengherankan karena Apple turut mendapat jatah 30 persen dari transaksi sebesar 1,6 juta dollar AS per hari dari para pemain Pokemon Go di platform iOS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X