Gerakan 1.000 Startup Gelar Sesi "Ignition" di Yogyakarta

Kompas.com - 13/08/2016, 18:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com (ki-ka) Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Paripurna Sugarda dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam pembukaan sesi "Ignition" Gerakan 1.000 Startup di Yogyakarta, Sabtu (13/8/2016).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan Nasional 1.000 Startup hari ini, Sabtu (13/8/2016) menyambangi kota Yogyakarta dengan menggelar seminar atau sesi Ignition mengenai perintisan usaha digital.

Sesi Ignition di Yogyakarta terselenggara berkat kerja sama Gerakan 1.000 Startup dengan UGM Innovative Academy dan startup Kerjabilitas yang menjadi partner resmi kegiatan ini di Yogyakarta.

Menurut CEO Kerjabilitas, Rubby Emir, pendaftaran sesi Ignition di Yogyakarta berhasil menjaring 800 orang pendaftar. Tapi dari jumlah itu hanya 200 pendaftar saja yang dipilih untuk mengikuti acara.

Sesi Ignition, lanjutnya, merupakan upaya untuk merangsang ide-ide kreatif dalam pikiran para pesertanya. Harapannya akan lahir ide bagus, baik berupa aplikasi atau karya lain, yang berguna bagi masyarakat.

"Sekarang ada 70 juta smartphone di Indonesia dan kebanyakan cuma pakai aplikasi buatan luar. Nah itulah masalahnya, kita ini berarti pasar. Lewat gerakan 1.000 startup ini, kita ingin jadi pemain dan yang terbesar di Asia Tenggara," ujar Rubby membuka sesi seminar tersebut, di Graha Sabha Pramana, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

"Salah satu tahapnya, adalah Ignition ini Tahap ini ibarat busi, kami memantik ide. Kami undang mereka yang jatuh bangun di dunia startup untuk berbagi cerita supaya teman teman punya ide mau ngapain atau membuat aplikasi apa besok," imbuhnya.

Ignition sendiri hanya sebagai langkah awal. Setelahnya, dijelaskan Rubby, Gerakan 1000 Startup akan menggelar tahapan lain, yaitu workshop, hackathon, bootcamp, serta inkubasi.

Harapannya dari keseluruhan proses itu, setiap tahun akan lahir 200 startup berkualitas dan jumlahnya mencapai 1.000 startup dalam 5 tahun.

"Dari banyak startup yang nanti dihasilkan, nanti kami juga akan mengadakan showcase di acara terbesar Indonesia. Tapi hanya 17 startup saja, dan diselenggarakan di tanggal 17 agustus 2017," pungkasnya.

Pada sesi ignition Yogyakarta ini, hadir Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; Chief Kibar, Yansen Kamto; Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni, Paripurna Sugarda; Direktur Utama Dagadu, A. Noor Arief; Vice President of Operation Salestock, M. Ghufrin Mustaqim; Chief Information Officer Nebengers, Andreas Aditya Swasti; Head of Idea Labs Srengenge, Affi Khresna; Founder Fotografer.net, Kristupa Saragih; Co Founder Ngonoo, Afit Husni Rendra; Head of Operations Hipwee, Nendra Rengganis; dan Founder Mojok, Puthut EA.

Topik yang dibicarakan mulai dari soal membangun ekosistem startup, seni menjadi pengusaha, membangun mindset startup, memanfaatkan komunitas hingga soal blogger generasi baru.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReska K. Nistanto
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X