"Augmented Reality" Jadi Inti Pengembangan Produk Apple

Kompas.com - 15/08/2016, 17:23 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu CEO Apple, Tim Cook, mengatakan pabrikan Cupertino itu sedang berinvestasi pada teknologi augmented reality (AR). Teknologi realitas tertambah itu tersemat pada game Pokemon Go.

Kini, Cook kembali sesumbar soal rencana Apple dengan AR. Tak cuma berinvestasi, Cook mengatakan AR bakal jadi teknologi inti dalam mengembangkan produk-produk Apple ke depannya.

"Kami sedang menggarap banyak hal (dengan AR)," kata Cook, sebagaimana dilaporkan TrustedReviews dan dihimpun KompasTekno, Senin (15/8/2016).

Ini adalah kali pertama Cook mengonfirmasi soal proyek AR. Sebelumnya, Cook hanya menyebut AR merupakan teknologi yang bakal berkembang pesat dan Apple sudah mulai berinvestasi untuk teknologi itu.

AR merupakan teknologi realitas tertambah di mana elemen-elemen virtual dari ranah maya bisa ditampilkan seakan menyatu dengan visual nyata. Teknologi ini berkembang seiring dengan maraknya virtual reality (VR).

Menurut sumber dalam, Apple mulai merekrut staf yang bakal bekerja khusus untuk mengembangkan AR. Belum dijabarkan berapa jumlah orang yang mengisi divisi khusus itu.

Beberapa nama kabarnya sudah didekati Apple. Salah satunya mantan engineer Microsoft HoloLens, Nick Thompson. Apple belum mau berkomentar banyak soal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.