Facebook Uji "ChatBot" di Indonesia, Bisa Pesan Kopi via Messenger

Kompas.com - 21/10/2016, 09:33 WIB
Counter kopi yang memanfaatkan bot Messenger dalam melakukan pemesanan, di acara Mobile Moves Commerce Facebook di Jakarta, Kamis (20/10/2016). Oik Yusuf/ KOMPAS.comCounter kopi yang memanfaatkan bot Messenger dalam melakukan pemesanan, di acara Mobile Moves Commerce Facebook di Jakarta, Kamis (20/10/2016).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sebuah gerai kecil di salah satu pojok ruangan turut meramaikan gelaran acara Mobile Moves Commerce yang digelar Facebook di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Hadirin undangan bisa mendapatkan aneka minuman kopi secara gratis dari geraitersebut. Tapi lucunya, pemesanan dilakukan melalui aplikasi chatting Facebook Messenger.

Peminat diharuskan memberikan "like" terlebih dahulu ke laman Mobile Moves Cafe di Facebook, lalu mengklik tombol "send message" untuk "ngobrol" dengan pengelola laman tersebut melalui aplikasi persan instan Messenger.

Jendela chatting pun terbuka dan akun Mobile Moves Cafe menawarkan menu berisi minuman kopi yang bisa dipesan. Menu ini berupa rangkaian tombol di bawah layar baris teks.

Usai memilih, akun Mobile Moves Cafe mempersilakan peminat untuk menunggu selagi pesanan diramu.

Notifikasi akan diberikan begitu minuman sudah siap. Selanjutnya, tinggal berjalan ke counter dan mengambil pesanan.

Ternyata robot

Kecuali pembuatan minuman yang masih ditangani oleh manusia staf gerai bersangkutan, keseluruhan proses pemesanan di atas dilakukan oleh program otomatis alias chatbot yang berjalan melalui Messenger.

Dengan kata lain, saat membuka jendela chatting dengan akun Mobile Moves Cafe, pengguna sebenarnya sedang berinteraksi dengan "robot".

Chatbot tadi menyodori menu kepada pelanggan, mencatat pesanan, lalu menyampaikannya ke staf gerai yang kemudian bekerja membuat minuman.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Chatbot Facebook melayani pesanan pengguna secara otomatis melalui aplikasi Messenger

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X