Twitter Prioritaskan Kicauan Berdasarkan Jumlah Balasan

Kompas.com - 30/11/2016, 11:23 WIB
Ilustrasi pengguna Twitter. istIlustrasi pengguna Twitter.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kekuatan utama Twitter terletak pada obrolan penggunanya tentang berbagai topik. Pengguna bisa berperan sebagai pembuka obrolan, orang yang menimpali atau meramaikan obrolan, serta hanya mengamati obrolan alias onlooker.

Namun, ada topik-topik tertentu yang pembahasannya sangat ramai sehingga pengguna sulit menimpali atau bahkan memahami akar obrolan. Twitter menyediakan solusi untuk keruwetan tersebut.

Melalui fitur "Conversation Ranking", pengguna diharapkan bisa memahami suatu topik yang sedang viral dengan cepat, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (30/11/2016), dari situs resmi Twitter.

Mekanisme Conversation Ranking terbilang simpel. Twitter akan menunjukkan kicauan-kicauan paling populer dari sebuah topik obrolan, sehingga pengguna paham konteksnya.
 
Popularitas itu diukur dari dua hal, yakni banyaknya reply yang dihimpun dari pengguna lain, maupun reply balik dari sang pembuka obrolan.

Selain dari segi popularitas, Conversation Ranking juga menitikberatkan pada reply dari pengguna yang Anda kenal. Intinya, Anda akan diperlihatkan reply paling bermakna dan kontekstual dari sebuah obrolan di Twitter.

Twitter Twitter hadirkan tool Conversation Ranking (ki) dan Direct Reply Count (ka).

Selain Conversation Ranking, Twitter juga memboyong tool baru bertajuk "Direct Reply Count". Tool tersebut akan menghitung berapa banyak reply langsung yang dihimpun suatu kicauan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, informasi jumlah penghitungan cuma untuk RT dan love. Dengan begitu tool baru ini, Anda bisa lebih cepat mengidentifikasi kicauan populer atau obrolan yang sedang ramai.

Conversation Ranking dan Direct Reply Count diluncurkan secara bertahap untuk semua pengguna. Pastikan Anda memperbarui aplikasi Twitter di Android maupun iOS.

KompasTekno sendiri belum menerima update dua tool tersebut. Barangkali Anda sudah lebih dulu menikmatinya. Selamat mencoba dan menunggu giliran!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.