"Om Telolet Om" Jadi Perbincangan Seleb Dunia di Twitter

Kompas.com - 21/12/2016, 08:22 WIB
Anak-anak di Ungaran, Kabupaten Semarang tengah menunggu bus malam yang lewat di Jl Diponegoro Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (11/5/2016) sore. Mereka menantikan bus yang membunyikan klakson telolet untuk direkam dan diunggah ke media sosial. Kompas.com/ Syahrul MunirAnak-anak di Ungaran, Kabupaten Semarang tengah menunggu bus malam yang lewat di Jl Diponegoro Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (11/5/2016) sore. Mereka menantikan bus yang membunyikan klakson telolet untuk direkam dan diunggah ke media sosial.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Fenomena "om telolet om" masuk ke ranah internasional. Selebritas dunia seperti DJ Snake, Oliver Heldens, Hardwell, Zedd, hingga Martin Garrix beramai-ramai mengicaukan frasa "om telolet om".

Bahkan, Hardwell membuatkan versi "om telolet om" ala dirinya yang seakan-akan menjadi sopir bus. Kicauan para selebritas pun mengundang rasa penasaran dari netizen dunia yang tak paham maksud "om telolet om". 

Kicauan DJ Snake tentang fenomena "om telolet om" di Twitter bisa dilihat di tautan berikut ini.

Sementara itu, video Hardwell di Twitter yang memeragakan "klakson telolet" bisa dilihat di tautan berikut ini.

ist Sejumlah selebritas dunia mengicaukan tentang fenomena "om telolet om" di Twitter.
Di Indonesia sendiri, fenomena tersebut sudah mewabah sejak beberapa bulan lalu di internet. Namun, gara-gara masuk ranah global, netizen Twitter jadi lebih agresif membahasnya di dunia maya.

Baca: Om Telolet Om Justru Jadi Juara di Trending Topic Dunia

Alhasil, tanda pagar #telolet menjadi Trending Topic urutan pertama di wilayah Indonesia pada Rabu (21/12/2016) pagi. Banyak yang membuat guyonan soal video-video "om telolet om" yang beredar, tetapi tak sedikit pula yang menyisipkan kritik.

"Telolet mengajarkan kita bahwa bahagia itu nyatanya simple. Makasih #telolet :))" tulis akun @infoseni_

"Fenomena Om #telolet Om, mungkin tercipta karena pemerintah gagal menciptakan hiburan buat rakyat, dan tv sudah semakin basi untuk dilihat," tulis akun @Kikngiang.

Mulanya, video-video "om telolet om" ramai dibagikan di Facebook. Video itu direkam oleh seseorang yang melihat kegirangan anak-anak di pinggir jalan menanti datangnya bus antar-kota.

Bunyi yang seakan menyebut kata "telolet" sendiri tak lain adalah bunyi klakson bus antar-kota. Anak-anak meminta si om sopir bus mengeluarkan bunyi "telolet" ketika melintas.

Maka dari itu, ujung-ujungnya fenomena ini disebut "om telolet om", mencontohkan permintaan anak-anak ke om sopir.

Pengunggah video "om telolet om" hendak menyampaikan bahwa kebahagiaan bisa muncul dari hal-hal sederhana. Lama-kelamaan, banyak versi video "om telolet om" yang muncul dan jadi guyonan.

Tak cuma "om telolet om" dari bus antar-kota, ada juga dari penjual es krim yang tak kalah menggelitik. Sementara itu, beberapa orang membuat video "om telolet om" versi pesawat.

Baca: Kumpulan Video Kocak "Om Telolet Om" yang Ramai di Medsos


Baca: Jadi Tren, Muncul Komunitas Pemburu Klakson Telolet

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber twitter
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X