Kompas.com - 09/01/2017, 10:32 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Sudah dinanti dari beberapa bulan lalu, smartphone dengan label nama Nokia akhirnya comeback ke pasaran. HMD Global resmi merilis smartphone Android Nokia teranyar, yakni Nokia 6.

Sayangnya, untuk sementara, smartphone itu baru secara eksklusif dijual untuk pasar China. HMD Global menjual perangkat ini dengan harga 1.699 yuan atau setara Rp 3,2 juta.

Dengan harga yang relatif murah, Nokia 6 memang tidak dibekali dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Namun, "jeroan" yang ada dianggap mampu menjalankan sistem operasi teranyar bikinan Google, Android 7.0 "Nougat".

Bodinya sendiri berbahan logam, membuat Nokia 6 tampil mewah. Di bagian bawah layar terdapat tombol Home, yang juga bisa difungsikan sebagai tombol pemindai sidik jari.

Baca: Jalan Berliku Ponsel Nokia untuk Kembali Berdering

Ponsel ini memiliki layar dengan bentang 5,5 inci berkualitas Full HD (1.080 x 1.920). Tingkat kerapatan layarnya mencapai 403 piksel per inci.

Bagian internalnya mengandalkan Snapdragon 430, dan sistem operasi sudah Android Nougat 7.0. Beberapa spesifikasi lainnya mencakup RAM 4 GB, memori internal 64 GB, kamera 16 megapiksel (belakang) dan 8 megapiksel (depan), serta audio Dolby Atmos dengan amplifier ganda.

Nokia 6 dikerjakan oleh FIH Mobile dan HMD Global. FIH tak lain adalah anak usaha raksasa perakit smartphone, Foxconn. Dalam waktu berdekatan, Nokia juga mengumumkan telah melisensikan properti intelektual mereka berikut merek "Nokia" ke perusahaan baru, HMD Global.

HMD Global dan FIH Mobile sudah bersinergi dan membagi peran masing-masing. HMD merancang mobile gadget di bawah bendera Nokia, sementara produksinya diserahkan ke FIH. Nah, FIH dan HMD-lah yang memikul beban untuk mengembalikan kejayaan Nokia di industri ponsel.

Baca: Upaya Nokia Kembali ke Dunia "Gadget"

Berikut spesifikasi Nokia 6, sebagaimana KompasTekno rangkum dari NDTV, Senin (9/1/2016):

Ukuran layar: 5,5 inci dengan Gorilla Glass 2.5D
Resolusi: Full HD 1.080 x 1.920 piksel
Kerapatan layar: 403 ppi
Chipset: Qualcomm Snapdragon 430
RAM: 4 GB
Kamera utama (belakang): 16 megapiksel
Kamera selfie (depan): 8 megapiksel
Media penyimpanan: 64 GB
Slot penyimpanan tambahan: MicroSD hingga 128 GB
Dual SIM: Ya
Konektivitas: GPS, Bluetooth, 3G, 4G
Sensor: Compass Magnetometer, Proximity, Accelerometer, Ambient Light, Gyroscope
Dimensi: 154 x 75,8 x 7,85 mm (tinggi x lebar x tebal)

-------------------------------------------------------------------
Follow Twitter @KompasTekno dan Facebook KompasTekno agar tidak ketinggalan berita-berita teknologi terbaru.
-------------------------------------------------------------------

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NDTV


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.