Oppo, Huawei, dan Vivo Pepet Samsung di Asia Tenggara

Kompas.com - 06/03/2017, 14:17 WIB
Oppo F1s varian baru yang dipamerkan di Pontianak, Jumat (10/2/2017). Oik Yusuf/KOMPAS.comOppo F1s varian baru yang dipamerkan di Pontianak, Jumat (10/2/2017).
|
EditorReza Wahyudi

AVIGNON, KOMPAS.com - Laporan teranyar dari lembaga riset IDC menunjukkan pertumbuhan penjualan smartphone yang signifikan di wilayah Asia Tenggara. Sebanyak 101 juta unit smartphone dikapalkan sepanjang 2016 atau naik 4,3 persen dari tahun sebelumnya.
 
Menurut IDC, hal ini tak lepas dari gencarnya strategi pemasaran yang dilakukan tiga pabrikan ponsel asal China, yakni Oppo, Huawei, dan Vivo.
 
Ketiganya mulai mendominasi pasar dengan jumlah market share gabungan sebanyak 21 persen, meski secara keseluruhan posisi pertama masih dipegang Samsung dengan pangsa pasar tunggal 23 persen.
 
"Kami akan terus menarik perhatian masyarakat Asia Tenggara dengan memberikan produk terbaik dibandingkan vendor lain," kata Senior Product Planning Manager Oppo, Mepo Liu.
 
Ia juga menambahkan bahwa persaingan di industri smartphone semakin ketat. Pabrikan semakin banyak sehingga masyarakat makin banyak pilihan.
 
"Kami harus tawarkan produk yang paling menyentuh kebutuhan masyarakat agar menjadi pilihan," ungkapnya.
 
Diketahui, Oppo selama ini dikenal dengan strategi pemasaran yang merangkul artis lokal untuk menjadi duta produknya. Strategi tersebut belakangan diikuti Vivo.
 
Huawei pun menerapkan strategi yang sama. Bedanya, Huawei lebih memilih artis internasional sebagai duta produknya.
 
Namun, Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, tak sepakat jika keberhasilan Oppo dikatakan hanya berasal dari strategi pemasaran yang agresif. Menurut dia, strategi pemasaran cuma jadi faktor pendukung, bukan yang utama.
 
Sama seperti Mepo Liu, Aryo sesumbar Oppo selalu mengembangkan teknologi yang solutif dan inovatif untuk mempermudah kehidupan masyarakat modern.
 
"Salah satunya kamera selfie yang mumpuni. Itu alasan kami diterima pasar," kata dia pada KompasTekno, Kamis (2/3/2017), di Avignon, Perancis.
 
Baru-baru ini di ajang MWC 2017 di Barcelona, Spanyol, Oppo kembali merilis inovasi teknologi yan diklaim sesuai kebutuhan pengguna smartphone.
 
Bertajuk "5x Dual-Camera Zoom" atau "5x Lossless Zoom", teknologi itu mampu melakukan optical zoom hingga lima kali tanpa pengurangan kualitas, tetap tipis, dan stabilitasnya makin bisa diandalkan.
 
"Yang sekarang beredar di pasaran baru bisa 2x optical zoom. Kami hadirkan 5x optical zoom yang makin berkenaan dengan kebutuhan pengguna," tandasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X