Microsoft Jual Galaxy S8 Edisi Khusus, Apa Bedanya?

Kompas.com - 03/04/2017, 06:57 WIB
Galaxy S8+ (kiri) disandingkan dengan Galaxy S8 (kanan) saat acara peluncuran di New York, AS, Rabu (30/3/2017). Oik Yusuf/KOMPAS.comGalaxy S8+ (kiri) disandingkan dengan Galaxy S8 (kanan) saat acara peluncuran di New York, AS, Rabu (30/3/2017).
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tidak hanya Samsung, Microsoft ikut jualan smartphone flagship Galaxy S8. Bedanya, perangkat yang dijual tersebut merupakan edisi khusus dari raksasa software tersebut.

Smartphone tersebut diberi nama Samsung Galaxy S8 dan S8+ Microsoft Edition. Sebagai sebuah smartphone paket khusus, tentu saja keduanya memiliki perbedaan dibandingkan dengan edisi orisinalnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechTimes, Minggu (3/4/2017), perbedaan tersebut berupa tambahan aplikasi buatan Microsoft yang dibundel dalam Galaxy S8 dan S8+.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ orisinal sendiri sudah dibekali dengan beberapa aplikasi buatan Microsoft. Tapi edisi khusus ini mendapatkan beberapa tambahan aplikasi lain, yakni Excel, OneDrive, Outlook, Bing, Groove, Skype, MSN News, dan lainnya.

Namun, aplikasi tersebut tidak dibundel dalam bentuk pre-install atau langsung tersedia di perangkat. Aplikasi buatan Microsoft itu baru bisa diunduh saat pengguna menyalakan smartphone Samsung Galaxy S8 atau S8+ edisi khusus dan terhubung ke WiFi.

Hal menarik dari edisi ini adalah keberadaan asisten virtual Cortana buatan Microsoft dalam Samsung Galaxy S8 dan S8+. Padahal di sisi lain, kedua flagship Samsung itu sudah memiliki Bixby yang juga berfungsi sebagai asisten virtual.

Microsoft saat ini sudah mulai membuka pemesanan Samsung Galaxy S8 dan S8+ edisi khusus ini. Rencananya, Microsoft akan mulai menjualnya di toko fisik di Amerika Serikat mulai 21 April 2017 mendatang.

Sementara it, dari segi spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan S8+ edisi Microsoft benar-benar serupa dengan edisi orisinal. Galaxy S8 dilengkapi "infinity display" Super AMOLED berukuran 5,8 inci dan resolusi 2.960 x 1.440 piksel. Sedangkan Galaxy S8+ memakai layar lebih besar, yaitu 6,2 inci dengan jenis layar dan resolusi yang sama.

Soal "otak" pemrosesan, kedua smartphone memakai chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan memori penyimpanan internal 64 GB. Keduanya sama-sama menjalankan sistem operasi Android 7.0 "Nougat", juga dibekali kamera utama 12 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel.

Baca: Melihat Samsung Galaxy S8 dari Berbagai Sisi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Techtimes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X