Kompas.com - 05/05/2017, 14:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada Februari tahun lalu, rangkaian icon Reactions” adalah upaya Facebook memperluas jenis ekspresi yang bisa disampaikan pengguna terhadap sebuah posting, di luar jempol “like”.

Penggunaan Reactions kini diperluas sehingga pengguna Facebook juga bisa menambahkan icon bergambar hati, wajah gembira, terkejut, sedih, atau marah untuk menyatakan perasaan terhadap komentar-komentar pengguna lain di sebuah posting.

“Kami mendengar dari pengguna bahwa mereka ingin menunjukkan reaksi dalam percakapan di Facebook,” ujar seorang juru bicara Facebook.

“Jadi, kami memutuskan untuk menambah kemampuan memberikan reaksi di komentar-komentar,” lanjut dia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Jumat (5/5/2017).

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Komentar pengguna lain di sebuah posting kini bisa ditambahi ikon emoji Reactions.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, pengguna di Indonesia sudah bisa menggunakan fitur Reactions di kolom komentar ini lewat Facebook versi web. Caranya cukup dengan mengarahkan kursor ke arah tombol “Like” di bawah tulisan komentar (sebelah kiri “reply”).

Facebook kemudian akan menampilkan notifikasi untuk menambah reactions, sebagaimana bisa dilihat dalam gambar di atas. Selanjutnya tinggal pilih ikon Reactions mana yang dikehendaki.

Selain di kolom komentar Facebook, sebelum ini Reactions juga sudah ditambahkan di aplikasi pesan instan Facebook Messenger.

Baca: Tombol Dislike Batal, Facebook Bikin Reactions

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.