Kompas.com - 08/05/2017, 15:04 WIB
Prosesor seri Snapdragon buatan Qualcomm Aditya Panji/KompasTeknoProsesor seri Snapdragon buatan Qualcomm
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Chipset mobile Snapdragon 835 baru akan mulai dirilis ke pasaran melalui produk-produk smartphone kelas atas tahun ini, namun bocoran untuk prosesor generasi berikutnya sudah mulai beredar.

Pekan lalu, chipset yang disinyalir bernama Snapdragon 845 tersebut dilaporkan mendadak muncul secara tidak sengaja di situs resmi Qualcomm dengan nama “SDM845”.

Qualcomm memang diperkirakan tengah mengembangkan Snapdragon 845 yang bakal menerapkan teknologi proses fabrikasi 7 nm.

Dibandingkan chip 10 nm seperti Snapdragon 835, teknologi 7 nm mampu meningkatkan performa hingga 35 persen sekaligus menciutkan ukuran fisik prosesor yang bersangkutan.  

wccftech.com Daftar chip baru Qualcomm yang dilaporkan sempat bocor di situs peruahaan tersebut.
Sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (8/5/2017), sempat beredar kabar bahwa Samsung dan TSMC tengah memperebutkan kontrak manufaktur untuk chip berteknologi 7 nm ini.

Snapdragon 845 sendiri disinyalir baru akan resmi diumumkan menjelang akhir 2017, untuk dipakai di handset andalan di tahun berikutnya macam Galaxy S9.

Qualcomm bukan satu-satunya pabrikan yang mulai berkutat dengan chip 7 nm. Huawei, Nvidia, dan MediaTek diperkirakan bakal menelurkan produk serupa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain informasi di atas, masih belum banyak yang diketahui tentang Snapdragon 845. Dalam waktu dekat, Qualcomm diperkirakan akan lebih dulu mengumumkan prosesor kelas menengah atas bernama Snapdragon 660.

Baca: Ini Yang Bikin Chipset Smartphone Makin Kencang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.