Jokowi Pasang Kamera di Helm dan Setang Motor, Mereknya?

Kompas.com - 10/05/2017, 20:04 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan motor trail saat menjajal salah satu ruas jalan Trans Papua, Rabu (10/5/2017) KemensetnegPresiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan motor trail saat menjajal salah satu ruas jalan Trans Papua, Rabu (10/5/2017)
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ada beberapa perlengkapan yang menarik perhatian saat Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menjajal salah satu ruas jalan Trans Papua pada hari ini, Rabu (10/5/2017).

Dalam foto yang dipublikasikan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jokowi tampak mengenakan jaket dan helm NHK dengan mengendarai motor trail merek Kawasaki KLX.

Namun perlengkapan yang dibawa bukan itu saja. Bila memperhatikan bagian atas helm, terlihat bahwa Jokowi membawa sebuah kamera aksi.

Begitu juga di bagian setang kanan motor tersebut, terlihat bertengger sebuah kamera aksi yang mirip. Lalu sebenarnya kamera apakah itu?

Pantauan KompasTekno, melihat dari bentuknya, disinyalir keduanya merupakan kamera aksi merek GoPro.

Cnet GoPro Hero 5 Black
Kamera yang bertengger di atas helm NHK Jokowi tampaknya merupakan GoPro Hero 5 Black seri terbaru, dalam balutan warna hitam.

GoPro Hero 5 Black ini memang terlihat sedikit berbeda dibanding seri pendahulunya. Perbedaan itu adalah bagian penampang depan yang tak memiliki tombol.

Kamera aksi yang berada di setang kanan motor trail tersebut tampaknya sama-sama keluaran GoPro. Namun tidak terlihat jelas, apakah ini seri GoPro Hero 5 Black atau seri yang lain.

Dari foto yang dibagikan Kemensetneg terlihat bahwa GoPro di setang motor trail itu memiliki layar dan menggunakan casing transparan.

Tidak semua seri GoPro memiliki layar seperti ini. Seri GoPro yang memiliki layar adalah Hero 5 Black, Hero 4 Silver, Hero+ LCD. Kemungkinannya, kamera di setang Jokowi merupakan salah satu dari seri tersebut.

Kamera aksi seperti GoPro dapat dipakai untuk merekam berbagai kegiatan ekstrim, baik dalam bentuk foto atau video.

Kedua kamera aksi yang dipakai Jokowi kemungkinan dipakainya untuk merekam video dari dua sudut perekaman.

Kamera aksi yang berada di atas helm Jokowi, kemungkinan dipakai untuk merekam video dalam sudut pandangnya ketika menyusuri ruas jalan Trans Papua. Sedangkan GoPro yang ada di setang kanan dipakai untuk merekam wajah Jokowi dari sudut pandang orang ketiga.

Mempertimbangkan kemungkinan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Jokowi bakal membuat video blog (vlog) atau hal sejenis dari perjalanannya menyusur ruas jalan Trans Papua.

Namun ini hanya dugaan saja. Benar atau tidaknya, tentu baru akan diketahui saat nanti hasil rekaman dari kedua GoPro itu dipublikasikan oleh Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X