Kompas.com - 14/06/2017, 12:00 WIB
|
EditorDeliusno


SEMARANG, KOMPAS.com - Twitter resmi menggelar layanan publik Kelola Melantas Layanan (Kemala) untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng). Layanan tersebut dibuat untuk mempermudah interaksi warga, terutama untuk mendistribusikan keluhan-keluhan publik, kepada pemerintah daerah.

Terhitung ada 48 Satuan Kelompok Perangkat Daerah (SKPD) di Jawa Tengah yang dilatih dan bekerja sama menggunakan layanan Kemala Jateng ini. Peresmian kerja sama penggunaan layanan itu sendiri dilakukan pada sesi tanda tangan nota kesepahaman antara Twitter dengan Pemprov Jateng di Semarang, Selasa (13/6/2017).

Public Policy Lead Twitter Indonesia Agung Yudha, mengatakan, Twitter akan langsung bekerja mendistribusikan keluhan-keluhan rakyat setelah kesepakatan itu.

"Kalau mau laporan atau mention biasanya ke Twitter pak Ganjar (gubernur Jateng). Nah ini, misalnya kalau saya lapor ada kejadian di Blora, tinggal tweet, itu nanti sistem akan mengolah dan di-forward ke SKPD terkait," kata Agung.

Proyek pertama di Indonesia

Kerja sama Twitter dengan Pemprov Jateng merupakan proyek pertama di Indonesia. Twitter menjadikan Jateng sebagai pilot project untuk pelayanan publik. Kota-kota lain juga dimungkinkan untuk bekerja sama seusai pilot project tersebut.

Twitter menggunakan layanan serupa di India, Australia, dan Panama terkait pengaduan jalan rusak.

"Pilot project di Jateng, nanti dilihat tantangan ke depan. Benar membantu atau tidak," ucapnya.

Untuk layanan pengaduan ini, Twitter akan mendistribusikan pesan yang awalnya ditulis dengan hastag #kemalajateng. Pesan yang ada lalu masuk ke sistem yang kemudian didistribusikan ke admin SKPD.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dadang Somantri mengatakan, layanan pengaduan via Twitter dipilih karena dapat dilakukan secara dua arah, murah, dan mudah.

Twitter juga telah menjadi jembatan warga dengan Pemerintah selama ini. "Kami di birokrasi lalu merespons aspirasi masyarakat dan mencari solusi," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.