Tokopedia Dapat Suntikan Dana Triliunan Rupiah dari Alibaba?

Kompas.com - 25/07/2017, 11:37 WIB
Render 3D desain interior Tokopedia Tower Tokopedia; Design InterventionRender 3D desain interior Tokopedia Tower
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Raksasa e-commerce China, Alibaba Group, dikabarkan sedang dalam proses negosiasi untuk mengucurkan dana dalam jumlah besar untuk Tokopedia.

Proses negosiasi ini diketahui berdasarkan bocoran dari tiga orang yang dekat dengan industri tersebut. Menurut mereka, jumlah dana yang bakal dikucurkan untuk Tokopedia bisa mencapai 500 juta dollar AS atau setara Rp 6,66 triliun.

Investor Tokopedia saat ini, yakni Softbank Group dan Sequoia Capital juga disebutkan bakal turut serta dalam investasi baru itu.

Dilansir KompasTekno dari Deal Street Asia, Selasa (25/7/2017), Alibaba Group tampaknya berusaha menyaingi JD.com, perusahaan e-commerce yang merupakan pesaing terbesarnya.

JD.com sendiri disebut-sebut memiliki minat untuk mengucurkan investasi besar ke Tokopedia. Kabar terakhir menyebutkan bahwa saat ini JD juga sedang dalam tahap negosiasi untuk mengucurkan dana senilai ratusan juta dollar AS.

Baik perwakilan Alibaba maupun JD.com sama-sama menolak berkomentar soal kabar ini. "Kami tidak mengomentari rumor yang berkembang di pasar," ujar juru bicara Alibaba.

KompasTekno tengah berupaya mengonfirmasi pihak Tokopedia, namun belum mendapat jawaban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kucuran dana sebesar 500 juta dollar AS dari Alibaba Group diyakini sebagai salah satu investasi terbesar perusahaan asal China tersebut. Sebelumnya, Alibaba telah menggelontorkan uang senilai total lebih dari 2 miliar dollar AS atau setara Rp 26,64 triliun untuk Lazada Group.

Juni lalu, Alibaba juga sempat meningkatkan nilai saham mereka di berbagai ritel yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, serta Vietnam.

Baca: Grup E-Commerce China Alibaba Bakal Bangun Data Center di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.