Aplikasi Keyboard Google Gboard dapat Fitur YouTube dan Maps

Kompas.com - 02/08/2017, 06:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selain digunakan mengetik, aplikasi keyboard Gboard kemampuan melakukan pencarian via Google langsung dari dalam aplikasi. Belakangan fitur tersebut dikembangkan lebih jauh dengan mengintegrasikan fitur pencarian video lewat YouTube dan sharing lokasi via Google Maps.

Tab khusus untuk membuka YouTube dan Google Maps ini bisa diakses di sisi atas antarmuka aplikasi, sederet dengan tombol "G" yang dipakai untuk mencari via Google.

Usai menemukan video lewat YouTube di Gboard, pengguna bisa mencantumkan (share) video yang bersangkutan di percakapan. Aplikasi chatting yang digunakan untuk percakapan ini bisa apa saja, baik WhatsApp, Messenger, iMessage, atau yang lain.

Akan halnya Maps, ketika dibuka dari Gboard, yang akan ditampilkan pertama kali adalah lokasi pengguna, diikuti lokasi-lokasi lain di sekiitar. Pengguna bisa mencari lokasi tertentu lewat Maps di kolom yang tersedia.

Seperti video YouTube, hasil pencarian lokasi ini juga bisa dikirim ke lawan bicara dalam percakapan di Gboard. Pengguna pun tak perlu membuka aplikasi YouTube dan Maps secara terpisah karena keduanya bisa diakses langsung dari Gboard.

Sayang, sebagimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (2/8/2017) sejauh ini fitur integrasi YouTube dan Maps hanya tersedia untuk Gboard versi iOS. Sementara itu, Gboard di Android memiliki fitur prediksi frase dan emoji hasil gambar tangan, yang tidak tersedia di Gboard iOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.