Password Facebook Bakal Digantikan oleh Wajah?

Kompas.com - 03/10/2017, 06:30 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook dikonfirmasi sedang mengembangkan metode mengunci media sosial menggunakan wajah penggunanya. Metode tersebut mirip dengan Face ID buatan Apple yang disematkan dalam iPhone X.

Fitur tersebut sebenarnya masih dirahasiakan oleh Facebook. Namun peneliti media sosial Devesh Logendran (bukan nama asli) mendapatkan screenshot password wajah itu dan menyebarkannya ke media.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (3/10/2017), screenshot itu kemudian dibenarkan keberadaannya oleh Facebook sendiri.

"Kami memang sedang menguji beberapa fitur baru untuk pemilik akun yang ingin memulihkan akunnya, dan perlu melakukan verifikasi dengan cepat," demikian konfirmasi yang diberikan salah satu pegawai Facebook.

Baca: Masuk Pesawat Tak Perlu Boarding Pass, Tinggal Foto Wajah

"Fitur tambahan ini hanya tersedia di perangkat yang sudah pernah dipakai untuk login oleh pengguna. Ini adalah metode tambahan, sebagai pelengkap otentifikasi dua langkah melalui SMS, yang bisa dipakai verifikasi pemilik akun," imbuhnya.

Sekarang, Facebook masih menguji berbagai aspek keamanan fitur tersebut. Jika memang kunci akun menggunakan wajah pemiliknya bisa aman dari potensi serangan peretas, serta berbagai ancaman lain, bisa jadi akan diluncurkan ke publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.