Samsung Rilis 2 Sensor Kamera Tipis, Untuk Galaxy S9?

Kompas.com - 13/10/2017, 09:02 WIB
Ilustrasi sensor kamera Samsung. SamsungIlustrasi sensor kamera Samsung.
Penulis Oik Yusuf
|
Editor Deliusno

KOMPAS.com - Selain memproduksi gadget, Samsung juga merancang aneka macam komponen smartphone seperti chip memori dan sensor kamera. Pabrikan Negeri Ginseng tersebut pekan ini memperkenalkan sepasang sensor kamera baru yang masing-masing memiliki resolusi 12 megapiksel dan 24 megapiksel.

Kedua sensor ditujukan untuk smartphone dan berbentuk tipis, agar modul kamera ponsel bisa rata dengan bodi dan tidak menonjol. Boleh jadi salah satu atau keduanya bakal muncul di flagship mendatang, Galaxy S9.

Sensor 12 megapiksel Samsung, bernama ISOCELL Fast 2L9, dibekali teknologi Dual-Pixel untuk autofokus kencang. Dual-Pixel memakai dua fotodioda di tiap pixel di sensor untuk digunakan mendeteksi jarak subyek secara instan, seperti cara kerja mata manusia.

“Dengan 12 juta piksel pendeteksi fokus, sensor ini bukan hanya mampu mengunci fokus dengan cepat di obyek diam berukuran kecil, namun juga bisa mengunci dan melacak obyek bergerak tanpa kehilangan fokus, bahkan di kondisi low-light,” tulis Samsung dalam keterangan tertulis.

Baca: Galaxy S9 Punya Kamera Super Cepat untuk Video Super Pelan?

Selain itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DPReview, Jumat (13/10/2017), teknologi Dual-Pixel di sensor kamera Samsung juga bisa menyimulasikan efek bokeh (depth-of-field) hanya dengan satu kamera, tak perlu dua kamera seperti kebanyakan ponsel saat ini.

Tiap piksel sensor ISOCELL Fast 2L9 berukuran 1,28 nanometer, sedikit lebih kecil dibandingkan 1,4 nanometer yang terdapat di sensor kamera smartphone flagship Samsung saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sensor kedua bernama ISOCELL SLIM 2X7 yang memiliki resolusi 24 megapiksel. Ukuran tiap pikselnya lebih kecil lagi di angka 0,9 nanometer. Semakin besar ukuran pixel, maka biasanya semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan sensor kamera. Demikian juga sebaliknya.

Namun, Samsung menggunakan teknologi Deep Trench Isolation untuk mengurangi crosstalk antar piksel yang diklaim bisa meningkatkan kualitas gambar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber DPReview
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.