Kompas.com - 31/10/2017, 20:23 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Android versi lama seringkali melamban dalam merespon perintah.
Bisa jadi, hal tersebut karena perangkat penyimpanan aplikasi terlalu penuh oleh file 'sampah'.

Beberapa langkah pasti sering dilakukan oleh para pengguna Andorid, seperti menghapus cache aplikasi, menghapus atau uninstal aplikasi yang tidak digunakan lagi, menghapus widget, bahkan melakukan factory reset atau mengembalikan kondisi software ke kondisi semula.

Cara yang terakhir diyakini memang ampuh, namun sedikit 'ribet' karena harus mencadangkan semua data dan mengunduh kembali aplikasi yang hilang. Lalu, adakah cara yang lebih cepat tanpa ribet? 

Salah satu cara mudah dan cepat mempercepat sistem Andorid lama adalah dengan mengurangi atau menon-aktifkan sistem animasi transisi.

Baca: Survei Android dan iPhone, Siapa Sering Crash?

Salah satu manfaat menggunakan sistem Android adalah pengguna dapat menyesuaikan sistem operasi. Beberapa perubahan pengaturan dapat dilakukan, salah satunya adalah developer mode yang juga mengatur sistem animasi.

Animasi pada perangkat Android membuat semua transisi lebih 'mengalir' dan menimbulkan kesan cepat dan canggih. Namun, lama kelamaan animasi akan nampak seperti video stop motion akibat kinerja Andorid yang melamban.

Dengan mengurangi atau menon-aktifkan animasi, Andorid 'usang' yang mulai lelet akan mulai bekerja lebih cepat.

Berikut adalah langkah mengurangi atau menon-aktifkan sistem animasi yang telah dirangkum KompasTekno dari CNet, Selasa (31/10/2017):

1. Aktifkan developer mode

Pilihlah menu setting atau pengaturan lalu pilih developer option atau opsi bagi pengembang aplikasi Android. Jika belum menemukan opsi pengembang, buka menu About phone lalu pilih menu Device Information atau System.

Kemudian carilah menu Build Number dan ketuklah sebanyak 7 kali agar fitur developer mode aktif.

Halaman:
Sumber CNET


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.