Nvidia Klaim Titan V Kartu Grafis PC Paling Kencang

Kompas.com - 12/12/2017, 13:22 WIB
Titan V, GPU berarsitektur Volta yang diklaim paling bertenaga.Nvidia Titan V, GPU berarsitektur Volta yang diklaim paling bertenaga.

KOMPAS.com - Selain main game, pengolah grafis ( GPU) komputer juga digunakan di riset ilmiah untuk berbagai simulasi dan komputasi rumit. Nvidia pekan lalu mengumumkan produk GPU teranyarnya yang ditujukan untuk keperluan ini.

Bernama Titan V, inti GPU dengan arsitektur Nvidia Volta tersebut dijejali 21,1 miliar transistor dengan daya komputasi mencapai 110 teraflops sehingga diklaim sebagai “GPU PC paling bertenaga yang pernah dibikin.

Titan V yang dikhususkan untuk aplikasi-aplikasi machine learning turut dibekali memori HBM2 berkapasitas 12 GB, 5120 CUDA cores, dan 640 “tensor cores”. Kartu grafis ini disebut memiliki kinerja 9 kali lebih besar ketimbang produk terdahulu dalam hal deep learning.

“Visi kami untuk Volta adalah mendorong batasan komputasi berkinerja tinggi dan AI (kecerdasan buatan, machine learning),” sebut CEO Nvidia Jensen Huang saat memperkenalkan Titan V dalam Conference on Neural Information Processing Systems, pekan lalu.

“Melalui Titan V, kami menempatkan Volta di tangan para peneliti dan ilmuwan di seluruh dunia. Saya tak sabar melihat terobosan mereka,” imbuh Huang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Selasa (12/12/2017).

Selain lebih bertenaga, dibandingkan arsitektur GPU terdahulu dari Nvidia, Pascal, Volta diklaim dua kali lebih efisien daya sehingga bisa menghasilkan kinerja jauh lebih tinggi dengan daya yang sama.

Tentu, lantaran sangat bertenaga dan memang tidak ditujukan untuk konsumen umum, banderol Volta pun berada di luar jangkauan kebanyakan gamer. Harga per unitnya mencapai 2.999 dollar AS atau lebih dari Rp 40 juta.  

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X