Resmi Dirilis, Lumix GH5S Jadi Kamera Panasonic Paling Sensitif

Kompas.com - 11/01/2018, 09:31 WIB
Panasonic Lumix GH5S. PanasonicPanasonic Lumix GH5S.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ajang CES 2018 di Las Vegas, AS, pekan ini turut dimanfaatkan Panasonic untuk memperkenalkan produk kamera mirrorless baru bernama Lumix GH5S. Kamera ini diklaim sebagai yang paling sensitif di lini Lumix.

Kamera ini mirip dengan model flagship sebelumnya, GH5. Hanya saja, resolusi sensornya dipangkas dari 20,2 megapiksel menjadi 10,2 megapiksel.

Penurunan resolusi sensor tersebut bukan tanpa alasan. Dengan memakai sensor multi-aspect ratio, dual-gain 10,2 megapiksel, GH5S diklaim mampu menghasilkan kinerja low-light yang lebih mumpuni.

Pendekatan serupa dilakukan oleh Sony melalui kamera mirrorless full frame A7S yang memiliki resolusi 12 megapiksel, lebih rendah dibanding saudara-saudaranya dari seri A7.

Lumix GH5S diklaim sanggup merekam dengan sensitivitas native hingga ISO 51.200 sambil menekan noise di tingkat “minimal”. Rentang sensitivitasnya bisa ditinggikan hingga ISO 204.8000 (extended).

Lumix GH5S menghasilkan sensitivitas dan kualitas video tertinggi sepanjang sejarah kamera Lumix, terutama di situasi low-light,” sebut Panasonic dalam sebuah pernyataan yang dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (11/1/2018).

Tampak belakang Lumix GH5S.Panasonic Tampak belakang Lumix GH5S.

Sebagai kamera yang ditujukan untuk videografer, Lumix GH5S turut dibekali aneka fitur seperti perekaman video hingga resolusi Cinema 4K (4.096 x 2.160) 30/60 FPS (10-bit 4:2:2), data rate hingga 400 Mbps, profil gamma V-Log L dan HDR hybrid Log, serta slow motion hingga 240 FPS.

Mungkin itu pula sebabnya Panasonic tak menyertakan fitur in-body image stabilizer (IBIS) di Lumix GH5S, karena toh produksi video akan memakai rig stabilizer macam gimbal dan dolly.

Untuk urusan foto, Lumix GH5 sanggup menjepret foto RAW 14-bit dengan kecepatan 10 FPS. Ada juga teknologi AF Depth from Defocus dengan 225 titik fokus. Di belakang kamera ada layar putar touchscreen berukuran 3,2 inci, berikut viewfinder OLED dengan resolusi 3,68 megapiksel

Seperti Lumix GH5 sebelumnya, Lumix GH5S juga memiliki weather sealing, sehingga tahan air, debu, dan freezeproof hingga -10 derajat Celsius.

Lumix GH5S rencananya akan mulai dipasarkan pada pertengahan Februari mendatang dengan banderol mulai 2.499 dollar AS (Rp 33,6 juta), 500 dollar AS lebih mahal dibandingkan Lumix GH5.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PetaPixel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X