YouTuber Logan Paul Kembali Bikin Video soal Bunuh Diri

Kompas.com - 25/01/2018, 15:38 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - YouTuber kondang Logan Paul kembali mengunggah video tentang bunuh diri di channel pribadinya. Kali ini ia lebih menggarisbawahi soal pencegahan bunuh diri itu sendiri.

Logan Paul mewawancarai advokat dan penyintas yang sempat mencoba bunuh diri di Golden Gate Bridge, San Francisco, Amerika Serikat. Ia juga menyisipkan pendapat dari para ahli lainnya.

“Menurut saya sebagai masyarakat, sebagai manusia, kita harus lebih memiliki rasa belas kasih,” kata Logan Paul dalam video berdurasi tujuh menit.

Ia pun memberikan beberapa tips untuk mencegah orang-orang terkasih dari upaya bunuh diri. Dari yang ia pelajari dari para ahli, pertama-tama cukup tanyakan apakah teman atau keluarga merasa baik-baik saja.

“Kedua, menjadi pendengar yang baik dan jangan menghakimi,” ia melanjutkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (25/1/2018), dari channel YouTube pribadinya.

Langkah-langkah selanjutnya terdengar simpel, tetapi menurut Logan Paul bisa menyelamatkan satu nyawa dari percobaan bunuh diri. Ia mengatakan yang terpenting adalah memastikan orang terkasih tak merasa sendiri.

“Selalu ada untuk mereka. Bantu mereka terkoneksi dengan orang-orang sekitar agar mereka tak merasa sendiri. Terakhir, perlihatkan bahwa Anda peduli. Telpon mereka atau sekadar berkunjung ke tempat mereka,” ia menjelaskan.

Sebelumnya, Logan Paul mendapat kecaman atas tindakannya mengunggah video yang memperlihatkan jasad korban bunuh diri di Aokigahara, Jepang. Video yang diunggah pada Desember 2017 tersebut lantas dihapus.

Logan Paul pun mengaku menyesal dan meminta maaf atas tindakannya. Kendati begitu, efeknya terlanjur masif sampai membuat YouTube memberlakukan kebijakan baru bagi para YouTuber guna mencegah kejadian serupa.

Dengan berbagai kejadian ini, setidaknya Logan Paul belajar untuk lebih peka terhadap sekitar dan berpikir sebelum bertindak.

Baca juga : YouTube Akhirnya Keluarkan Hukuman untuk YouTuber Logan Paul

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.