Google Assistant Dipastikan Dukung Percakapan Bahasa Indonesia

Kompas.com - 27/02/2018, 14:08 WIB
Aplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube. IstAplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube.

KOMPAS.com - Asisten suara pintar, Google Assistant di ponsel Android selama ini terbatas mendukung satu bahasa saja, yakni Bahasa Inggris. Meski begitu, Google tampaknya belum puas.

Agar dapat lebih menjangkau pelanggan seluruh dunia, perusahaan yang bermarkas di Mountain View ini bakal melengkapi fitur asisten pintarnya dengan tambahan tujuh bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

"Mengingat jumlah pengguna Android tersebar di seluruh dunia, kami ingin menjadikan Google Assistent berguna bagi banyak orang, tanpa terbatas bahasa dan lokasi," tulis Nick Fox, Vice President of Product Google di blog resmi Google yang dikutip KompasTekno, Selasa (27/2/2018).

Selain bahasa Indonesia, bahasa lain yang bakal ditambahkan Google ke asisten pintarnya antara lain bahasa Denmark, Belanda, India, Norwegia, Swedia, dan Thailand. Berdasarkan keterangan Google, bahasa-bahasa itu bakal tersedia secara bertahap hingga akhir 2018 mendatang.

Tidak hanya menambahkan bahasa, Google juga mengubah fitur asistennya menjadi lebih pintar dengan layanan multibahasa. Artinya, fitur asisten suara bisa digunakan dengan dua bahasa dalam waktu yang sama, tanpa harus melakukan pengaturan.

Sayangnya, layanan multibahasa saat ini baru tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, dan Perancis. Sedangkan untuk perpaduan bahasa lain akan menyusul di masa mendatang.

Saat awal diciptakan, Google Assitant diharapkan dapat membantu banyak pengguna dalam berinteraksi dengan perangkat. Dengan adanya asisten suara ini, pekerjaan seperti mengatur jadwal atau bertanya tentang sesuatu yang umum dapat dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awalnya, fitur asisten suara hanya terdapat pada ponsel Android saja. Itupun jarang digunakan lantaran sering terjadi error. Namun belakangan, asisten suara yang bisa diakses dengan mengucap "OK Google" itu bertambah pintar.

Kini, Google Assistant sudah mulai merambah ke banyak aspek, termasuk memantau kondisi rumah yang sudah dilengkapi dengan teknologi smart home.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas dengan perintah suara, seperti menyalakan lampu, mematikan musik, atau memerisa keadaan rumah lewat ponsel meski sedang berada di luar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.