Gmail Bakal Punya Fitur seperti di Film "Mission Impossible" - Kompas.com

Gmail Bakal Punya Fitur seperti di Film "Mission Impossible"

Kompas.com - 17/04/2018, 06:45 WIB
Logo Gmail.Google Logo Gmail.

KOMPAS.com - Google agaknya sedang menyiapkan perombakan besar untuk layanan e-mail Gmail besutannya. Setelah mengumumkan rencana desain baru, kini muncul kabar bahwa Gmail akan bisa mengirim e-mail yang dapat terhapus sendiri.

Fitur ini sepertinya terinspirasi dari pesan berisi misi yang harus dijalankan agen rahasia dalam film Mission Impossible. Pesan yang dikirim dalam bentuk tape audio akan secara otomatis terbakar dalam beberapa detik setelah selesai didengar oleh sang agen rahasia.

Menurut bocoran screenshot Gmail versi baru yang belakangan beredar, fitur tersebut muncul dalam bentuk ikon gembok kecil bernama "confidential mode" alias "surat rahasia" di jendela penulisan e-mail (compose) di tampilan antarmuka Gmail yang baru.

Apabila pengguna mengaktifkan fitur confidential mail dengan mengklik ikon ini, maka penerima e-mail nantinya tidak akan bisa meneruskan (forward) surat elektronik yang bersangkutan, atapupun melakukan copy-paste, mengunduh, atau mencetaknya.

Confidential mode pada Gmail diaktifkan lewat ikon gembok kecil berwarna biru di jendela compose e-mail.TechCrunch Confidential mode pada Gmail diaktifkan lewat ikon gembok kecil berwarna biru di jendela compose e-mail.
Selain itu e-mail yang dikirim dengan confidential mode juga akan terhapus sendiri setelah lewat jangka waktu tertentu pasca pengiriman.

Periode "expiration" tersebut bisa diatur oleh pengguna, misalnya agar e-mail terhapus setelah satu minggu, satu bulan, dan lain-lain.

Untuk memastikan bahwa penerima confidential benar-benar orang yang dituju, pengguna bisa meminta sang penerima untuk mengonfirmasikan identitasnya terlebih dahulu via kode pesan yang dikirim lewat SMS.

Di sisi penerima, confidential mode datang berupa tautan yang mesti diklik untuk menuju si e-mail rahasia. Dalam hal ini implementasi Google berbeda dibandingkan, misalnya, ProtonMail yang juga menerapkan e-mail yang bisa terhapus sendiri.

Penerima e-mail rahasia mendapatkan tautan menuju e-mail dimaksud. TechCrunch Penerima e-mail rahasia mendapatkan tautan menuju e-mail dimaksud.

ProtonMail menghapus e-mail rahasia dari inbox penerima dan outbox pengirim setelah lewat jangka waktu tertentu. Sementara, Gmail hanya mengirim link, kemudian menghapus e-mail di belakang tautan setelah beberapa waktu, sementara e-mail perantara yang memuat tautan itu tetap ada.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (17/4/2018), fitur confidential mode ini masih bersifat eksperimental dan belum tentu benar-benar diterapkan di Gmail hasil redesain versi final nanti. Belum jelas pula bagaimana implementasinya dengan non pengguna Gmail.

Baca juga : Begini Wajah Baru Gmail setelah Dirombak Google



Close Ads X