Tren Iklan di YouTube Indonesia, Video Panjang dan Banyak "Story Telling"

Kompas.com - 09/05/2018, 13:47 WIB
Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami saat dijumpai di kantor Google Indonesia, kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (9/5/2018). Reska K. Nistanto/Kompas.comHead of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami saat dijumpai di kantor Google Indonesia, kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari daftar 10 iklan terpopuler 2017 yang dirilis oleh YouTube di Indonesia, terlihat adanya pergeseran tren di tengah pengiklan, soal konsep iklan yang mereka hadirkan.

Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, pengiklan kini mulai beralih dari iklan biasa (straightforward) ke bentuk video lebih panjang.

"Menarik jika melihat iklan mulai pindah ke video yang lebih lama, banyak story tellling, atau bekerja sama dengan YouTuber," kata Veronica dijumpai di kantor Google Indonesia, kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Jika dilihat dari daftar 10 iklan populer di YouTube, memang hampir semuanya menggunakan konsep storytelling. Bahkan, ada pula brand yang menggandeng YouTuber dalam membuat video promosi, salah satunya adalah Smartfren.

Smartfren membuat video engagement bahwa operator tersebut kini bukan lagi operator seluler CDMA, melainkan juga 4G. Kartu SIM Smartfren pun bisa dipasang di iPhone atau ponsel-ponsel 4G lain.

Menurut Head of Brand Digital Marketing, Smartfren, Yuditia Hendrawarman, video yang menggandeng YouTuber Saaih Halilintar itu diklaim sukses dalam hal engagement.

"Kita menghitung aktivasi kartu (SIM card baru) luar biasa di masa penayangan campaign itu di YouTube, bisa naik sampai 300 persen," kata Yudit.

Web Series yang terdiri dari tiga episode berjudul "Semua Gara-gara Saaih Halilintar" itu diklaim mendapatkan hampir 6 juta view. Komentar di salah satu episode juga bisa mencapai 2.000-an.

Selain berhasil dari segi engagement, Smartfren juga berhasil dalam menggaet subscriber baru.

Dikatakan Yudit, sebelum campaign dimulai, jumlah subscriber YouTube Smartfren adalah urutan kelima di kategori perusahaan telekomunikasi. Sekarang Yudit mengklaim pelanggan YouTube Smartfren adalah yang paling banyak di kategori itu.

Baca juga : 10 Video Iklan Terpopuler 2017 di YouTube Indonesia

Menurut Vero, salah satu trik agar video iklan di YouTube bisa berhasil adalah, selain brand harus mengerti audiens-nya, mereka juga perlu menyertakan momen-momen atau popular culture yang sedang ramai di masyarakat.

Sementara Yudit menambahkan, humor juga menjadi salah satu unsur yang penting dalam video engagement.

"Kita sudah capek setiap hari, kerjaan, di jalan macet, humor sangat penting membuat orang bahagia," kata Yudit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.