Kompas.com - 25/07/2018, 15:01 WIB
BitTorrent IstBitTorrent

KOMPAS.com - Setelah rumor akuisisi yang beredar bulan lalu, akhirnya BitTorrent secara resmi mengumumkan akuisisi perusahaannya oleh startup blockchain, Tron. Perusahaan berbagi data peer-to-peer ini mengonfirmasi sendiri kabar itu melalui blog resminya.

Tidak disebutkan berapa nominal akusisi perusahaan tersebut, namun dalam kesempatan lain, Tron pernah mengatakan membayar 126 juta dollar AS (sekitar Rp 1,8 triliun) untuk membeli BitTorrent.

Berbeda dengan Tron yang masih seumur jagung di dunia startup blockchain, BitTorrent lebih dahulu berdiri tahun 2004 silam di San Fransisco, AS.

Bisa dibilang, BitTorrent menjadi pelopor protokol berbagi data peer-to-peer yang tidak lagi menggunakan satu server sebagai sumber. BitTorrent menggunakan komputer pengguna untuk mengunduh atau mengunggah data secara simultan.

Dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (25/7/2018), BitTorrent mengaku memiliki 100 juta pengguna aktif global, termasuk klien self-titled dan BitTorrent Now yang akan fokus pada data video dan musik kedepannya.

Baca juga: BitTorrent Diakuisisi Perusahaan Mata Uang Digital

BitTorrent akan mengelola kliennya bersama Tron untuk mendukung pengembangan bisnis global Tron yang berambisi untuk membuat ekosistem terdesentralisasi terbesar di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepada para kliennya, BitTorrent mengatakan jika tidak ada rencana perubahan layanan terkait akusisi Tron ini termasuk bisnis mata uang digital.

"Kami tidak memiliki rencana untuk menambang cryptocurrency (mata uang digital) saat ini atau di masa yang akan datang," tulis BitTorrent.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.