Inikah Tampang Kamera Mirrorless Full-Frame Nikon yang Segera Meluncur?

Kompas.com - 26/07/2018, 15:55 WIB
Salah satu foto bocoran yang memperlihatkan tampang kamera mirrorless full frame baru dari Nikon. NikonSalah satu foto bocoran yang memperlihatkan tampang kamera mirrorless full frame baru dari Nikon.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Nikon telah lama dikabarkan sedang bersiap merilis produk kamera baru berupa mirrorless dengan sensor full-fame yang setara DSLR kelas profesional.

Pekan ini wujud kamera tersebut perlahan mulai diungkap lewat sejumlah foto dan video teaser yang diunggah ke sebuah micro site bikinan Nikon.

Tampak bahwa, meski punya sensor berukuran besar kamera mirrorless baru Nikon tersebut bakal memiliki bentuk fisik yang ringkas,

Jendela bidiknya yang merupakan jenis electronic view finder (EVF) terdapat di bagian tengah, mirip kamera mirrorless seri A7 dari Sony yang juga bergaya DSLR.

Dalam video juga tampak bahwa sang kamera mirrorless baru Nikon memiliki mounting lensa berukuran besar. Kabarnya, diameter mounting bernama “Z Mount” ini mencapai 55mm.

Menurut informasi yang dihimpun KompasTekno dari SlashGear, Kamis (26/5/2018), kamera mirrorless baru Nikon ini bakal terdiri dari dua model.

Model pertama memiliki sensor full-frame 25 megapiksel, sementara model kedua datang dengan sensor beresolusi lebih tinggi, sekitar 45 hingga 48 megapiksel. Sensor gambar tersebut turut dilengkapo dengan in-body image stabilizer dan sitem AF dengan 400 titik autofokus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gambar teaser dari Nikon, tentang kamera mirrorless full frame barunya.Nikon Gambar teaser dari Nikon, tentang kamera mirrorless full frame barunya.

Nikon diperkirakan bakal membanderol mirrorless full-frame model 25 megapiksel seharga 3.000 dollar (Rp 43,5 juta), sementara model 48 megapiksel mungkin dihargai 4.000 dollar S (Rp 58 juta).

Belakangan, dari baris kode di situs teaser Nikon, ditemukan tanggal “23 Agustus” yang kemudian diinterpretasikan sebagai jadwal perkenalan resmi dari kamera mirrorless full-frame Nikon.

Baca juga: Menyimak Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Sebelumnya, Nikon sempat merilis lini kamera mirrorless dari seri Nikon 1 yang memiliki sensor kecil berukuran 1 inci. Namun, kiprahnya di pasaran ternyata kurang menggembirakan sehingga produksi lini kamera mirrorless perdananya itu dihentikan tahun ini.

Nikon pun kemudian beralih membuat kamera mirrorless kelas premium dengan ukuran sensor jauh lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SlashGear
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.