Snapdragon 855 Dipastikan Mendukung Fitur 5G

Kompas.com - 24/08/2018, 13:54 WIB
Chipset mobile Qualcomm Snapdragon 845 Oik Yusuf/KOMPAS.comChipset mobile Qualcomm Snapdragon 845
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Qualcomm kabarnya sedang bersiap memperkenalkan system-on-chip kelas atas penerus Snapdragon 845 untuk dipakai di smartphone high-end keluaran 2019.

Pekan ini pabrikan yang bermarkas di San Diego, AS itu mengumumkan bahwa chip yang bersangkutan -sebut saja Snapdragon 855- bakal kompatibel dengan modem 5G X50 buatannya.

Dalam sebuah keterangan tertulis, Qualcomm menyebutkan tengah bekerja sama dengan OEM, operator seluler, vendor infrastruktur dan badan standarisasi untuk meluncurkan mobile hotspot 5G pertama pada akhir 2018.

“Lalu, smartphone yang menggunakan platform mobile berikutnya dari kami akan hadir pada paruh pertama 2019,” sebut Presiden Qualcomm Cristiano Amon.

Meski mendukung 5G, modem X50 sendiri tidak bersifat multi-mode dan mesti dipasangkan dengan chip modem lain supaya ponsel bisa tersambung ke jaringan 4G LTE atau yang lebih lama.

Dengan kata lain, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Jumat (24/8/2018), kemungkinan smartphone dengan SoC Snapdragon 855 bakal memiliki dua chip modem, yakni X50 yang disatukan dengan Snapdragon 855, serta chip modem lain seperti X24 untuk dukungan konektivitas non-5G.

Selain mendukung modem 5G, Snapdragon 855 juga dibuat dengan proses fabrikasi 7nm yang membuka peluang untuk kinerja lebih tinggi dan konsumsi daya lebih irit.

Selain peningkatan performa dan efisiensi baterai, fitur andalan lain dari Snapdragon 855 kemungkinan adalah processing AI secara terintegrasi.

Qualcomm sendiri masih belum mengumumkan nama resmi dari SoC yang bersangkutan. “Snapdragon 855” sejauh ini baru spekulasi berdasarkan skema penamaan model-model SoC sebelumnya.

Baca juga: Android Ber-chipset Snapdragon Bakal Makin Murah?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Ubergizmo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X