Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Xiaomi Redmi Turbo 3 Meluncur dengan Snapdragon 8s Gen 3

Kompas.com - 11/04/2024, 08:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sub-brand Xiaomi, Redmi merilis ponsel anyarnya Redmi Turbo 3 di China, Rabu (10/4/2024). Ini merupakan penamaan baru Redmi untuk seri "Turbo".

Secara silsilah, Redmi Turbo 3 merupakan penerus Redmi Note 12 Turbo yang dirilis tahun lalu. Ponsel mid-range ini ditenagai System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8s Gen 3 yang baru dirilis bulan Maret lalu.

Artinya, ponsel ini masuk gelombang awal HP Android yang ditenagai Soc baru Qualcomm tersebut. Lantas, bagaimana spesifikasi Redmi Turbo 3 selengkapnya?

Baca juga: HP Xiaomi Terbaru Redmi Turbo 3 Dijual di Indonesia sebagai Poco F6?

Spesifikasi Redmi Turbo 3

Chipset Snapdragon 8s Gen 3 yang ditanamkan di "otak" Redmi Turbo 3 menyasar segmen ponsel flagship "murah". SoC ini merupakan versi ringan dari chip flagship Snapdragon 8 Gen 3.

Secara teknis, prosesor berfabrikasi 4 nm ini memiliki satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti untuk menunjang performa dengan kecepatan clock 2,8 GHz, dan tiga inti hemat daya berkecepatan 2,0 GHz.

Di Redmi Turbo 3, SoC ini dipadu dengan RAM 12 GB dan 16 GB, serta storage hingga 1 TB. Xiaomi menyematkan vapor-fille chamber (VC) yang luas di sistem pendingin Ice Cooling. Ini bermanfaat untuk pembuangan panas ketika perangkat digunakan secara intensif dan jangka panjang.

Baca juga: Daftar HP dan Tablet Xiaomi yang Kebagian HyperOS mulai April Ini

Pindah ke tampilan. Redmi Turbo 3 masih mengadopsi desain yang sama dengan pendahulunya, Redmi Note 12 Turbo, yakni memiliki bingkai datar (flat frame) dengan sudut-sudut yang membulat, serta tonjolan cincin yang membingkai dua sensor kamera berukuran besar di bagian punggung.

Di atas kertas, ponsel ini memiliki tebal/tinggi 7,8 mm dan bobot 179 gram. Ponsel ini dibekali layar panel OLED berbentang 6,67 inci. Layar tersebut dibingkai dengan frame sangat tipis.

Di dalam layar, tertanam sensor pemindai sidik jadi untuk sistem biometrik. Layar ini menawarkan resolusi 1,5K, refresh rate 120 Hz, dan puncak kecerahan hingga 2.400 nits.

Di sektor fotografi, ponsel ini dibekali kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Sony LYT-600.

Sensor ini turut dibekali fitur penstabil gambar (optical image stabilization/OIS). Kamera utama ini ditemani oleh lensa ultra-wide beresolusi 8MP. Sementara di bagian depan, terdapat kamera selfir beresolusi 20 MP.

Redmi Turbo 3 juga memiliki fitur penyunting gambar berbasis AI, yang bisa menghapus objek benda di dalam foto lebih mudah. Ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung pengisi daya cepat 90W.

Nah, untuk software, ponsel ini sudah menjalankan HyperOS, sistem operasi anyar Xiaomi pengganti MiUI. Software berbasis Android 14 ini sudah terinstal secara bawaan, jadi pengguna tak perlu meng-upgrade dari MiUi ke HyperOS secara manual.

Adapun fitur lain yang dimiliki ponsel ini adalah gesture, yang memungkinkan pengguna mengoperasikan ponsel tanpa harus menyentuh layar. Kemudian ada beberapa fitur lain berbasis AI, seperti live subtitle, AI summarization (peringkas teks berbasis AI), dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Video: Kesan Menjajal Xiaomi 14 Ultra, Ponsel Terbaik Xiaomi

Harga Redmi Turbo 3

Di China, harga Redmi Turbo 3 berdasarkan variannya adalah sebagai berikut. Sebagai catatan, konversi mata uang berdasarkan asumsi nilai 1 yuan = Rp 2.206.

  • Harga Redmi Turbo 3 RAM 12 GB/256 GB 1.999 yuan (Rp 4,4 juta)
  • Harga Redmi Turbo 3 RAM 12 GB/512 GB 2.299 yuan (Rp 5 juta)
  • Harga Redmi Turbo 3 RAM 16 GB/512 GB 2.499 yuan (Rp 5,5 juta)
  • Harga Redmi Turbo 3 RAM 16 GB/1 TB 2799 yuan (Rp 6,1 juta)

Ada beberapa warna yang bisa dipilih, yakni Ice Titanium, Green Blade, dan Black Crystal.
Ponsel ini sudah bisa dibeli di China 15 April mendatang, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Giz China, Kamis (11/4/2024).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com