Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fitur Galaxy Tab A 2018 untuk Bermain dan Belajar

Kompas.com - 06/09/2018, 13:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Galaxy Tab A (2018) memiliki tiga fitur unggulan, yakni layar jumbo 10,5 inci, empat speaker Dolby Atmos yang memungkinkan audio “all-around”, serta pengaturan “Kids Mode”.
 
Ketiga fitur itu bersumbu pada satu tujuan, yakni menghadirkan perangkat bersama (sharing device) sebagai tempat bermain dan belajar keluarga, atau istilahnya “Family Playground”. Hal ini disampaikan IT & Mobile Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar.

“Kami melihat makin banyak millenial parents, di mana mereka nggak mau gadget personalnya diganggu. Jadi mereka punya smartphone sendiri, tetapi perlu ada perangkat untuk dipakai bersama-sama dengan anak,” kata dia.

Selvia mengatakan saat ini 40 persen millenials telah bertumbuh menjadi dewasa dan berkeluarga. Di era teknologi, tentu pendekatan orang tua millenials dan anak mereka lebih lekat dengan gadget.

Layar lebar 10,5 inci dan empat speaker Dolby Atmos

Orang tua millenials bisa mengajarkan anak mereka soal penghitungan dasar, bahasa, serta keterampilan lainnya, via aplikasi mobile. Dengan layar lebar Galaxy Tab A 10,5 inci, proses belajar bersama itu lebih optimal.

Baca juga: Resmi, Samsung Galaxy Tab A 10.5 Hadir di Indonesia

Begitu juga ketika orang tua dan anak ingin menonton YouTube atau mendengarkan lagu bersama-sama, empat speaker Dolby Atmos pada Galaxy Tab A diklaim memberikan pengalaman lebih mumpuni.

Samsung Galaxy Tab A 10,5 inci.KOMPAS.com/Fatimah Kartini Bohang Samsung Galaxy Tab A 10,5 inci.
“Kami melihat adanya kebutuhan akan device baru yang mampu mempererat dan mengoptimalkan waktu bersama keluarga,” kata Selvia.

Berbagai aplikasi edukatif dan menghibur yang normalnya berbayar pun bisa diunduh cuma-cuma di Galaxy Tab A 10,5 inci. Beberapa di antaranya termasuk “Lego Warner Bros”, “Filimundus”, serta “Toca Boca”.

Kids Mode

Salah satu kecemasan era informasi terbuka adalah akses ke konten-konten negatif seperti pornografi, SARA, kekerasan, dan sebagainya. Menurut Selvia, orang tua tak perlu lagi cemas karena ada fitur “Kids Mode” di Galaxy Tab A 10,5 inci.

“Fitur ini semacam parental control, di mana orang tua bisa melihat dan mengatur konten serta waktu yang dihabiskan anak di depan layar,” Selvia menjelaskan.

Menurut dia, fitur ini menjadi penting karena orang tua tak bisa selamanya berada di dekat anak. Di waktu-waktu sedang jauh, anak-anak yang menyimpan banyak rasa penasaran bisa saja mengklik konten negatif di internet.

“Dengan adanya Kids Mode, sejak awal memang yang bisa diakses oleh anak adalah konten-konten yang positif dan edukatif,” ujarnya.

Galaxy Tab A 10,5 inci keluaran 2018 tersedia dalam warna hitam. Harganya dibanderol Rp 5 juta. Beberapa spesifikasinya mencakup prosesor SDM450, baterai 7.300 mAh, RAM dan memori 3 GB/32 GB, serta kamera 8 megapiksel (belakang) dan 5 megapiksel (depan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com