iPhone XS Vs Galaxy Note 9, Mana Lebih Nyaman? - Kompas.com

iPhone XS Vs Galaxy Note 9, Mana Lebih Nyaman?

Kompas.com - 08/10/2018, 10:21 WIB
iPhone XS, XS Max (kiri), dan Galaxy Note 9 (kanan)Lulu Cinantya Mahendra/KOMPAS.com, Istimewa iPhone XS, XS Max (kiri), dan Galaxy Note 9 (kanan)

KOMPAS.com - Smartphone flagship papan atas terkini, duo iPhone XS dan Galaxy Note 9 sama-sama menjadi jagoan masing-masing vendor.

Dengan banderol harga di atas 1.000 dollar AS atau jika dirupiahkan sekitar belasan juta, banyak calon konsumen kerap mempertanyakan mana flagship yang lebih baik.

Beberapa hal terutama dari sisi kecepatan, daya tahan baterai, performa kamera, dan ketangguhan perangkat secara keseluruhan, menjadi pertimbangan umum sebelum membeli.

Tentu saja, pertanyaan ini tidak bisa dijawab sembarangan, bahkan bagi pengulas smartphone sekalipun.

Consumer Report, salah satu asosiasi advokasi konsumen yang mengklaim lebih independen, akhirnya mengeluarkan hasil akhir uji coba ketiga model perangkat tersebut. 

Menurut Consumer Report, dibanding performa iPhone X tahun lalu, lini baru iPhone XS disebut mengalami peningkatan yang signifikan, terutama pada daya tahan baterai, kamera yang lebih halus, dan peforma yang lebih cepat.

Sayangnya, soal ketahanan, iPhone XS dan XS Max masih kalah dengan Galaxy Note 9. Setelah dibanting berulang kali dari berbagai sudut, iPhone XS dan XS Max tampak mengalami kerusakan setelah 50 kali percobaan.

Sementara itu, Galaxy 9 Note disebut bisa bertahan hingga 100 kali bantingan. Penguji hanya melihat kerusakan kecil dan bagian kaca masih tetap utuh.

Untuk baterai, Consumen Report mengakui jika performa baterai lini iPhone yang baru lebih baik dibanding iPhone X 2017 yang bertahan 19,5 jam.

Dalam metodenya, Consumer Reports menggunakan program robot yang distimulasi sebagai pengguna nyata.  Robot tersebut bertindak seolah-olah pengguna asli perangkat. Seperti meningkatkan kecerahan layar hingga 100 persen.

Robot juga akan melakukan tugas, seperti browsing, memotret, menggunakan navigasi GPS, dan melakukan panggilan.

"Dalam uji coba kami, iPhone XS mampu bertahan hingga 24,5 jam dan Max bertahan hingga 26 jam," papar Consumer Reports.

Namun, soal kecepatan pengisian daya, Consumer Reports mengunggulkan Galaxy Note 9. Dari percobaannya, iPhone XS membutuhkan waktu 195 menit dari nol ke angka 100 persen, Max membutuuhkan waktu 200 menit, dan Galaxy Note 9 hanya membutuhkan waktu 105 menit.

Baca juga: Ini Penjelasan Kamera iPhone XS Hasilkan Selfie Kelewat Lembut

Di sektor kamera, duo iPhone XS lebih diunggulkan karena dinilai memiliki gambar dan resolusi lebih tajam, dibanding yang dimiliki Galaxy Note 9 dan Galaxy S9 series.

Meski demikian, perbedaan keduanya tidak terpaut jauh dan sejatinya susah diamati secara natural.

"Samsung Galaxy hanya tertinggal sedikit. Namun bukan berarti gambar mereka buruk," jelas Richardo Fisco yang mengepalai tim Consumer Reports untuk uji coba ketiga smartphone ini, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9tomac, Senin (7/10/2018).

Mode portrait iPhone XS dan XS Max juga disebut lebih jelas dibanding pendahulunya.

Secara keseluruhan, Consumer Reports memberikan hasil uji coba untuk iPhone XS dan XS Max dengan skor 82, unggul sedikit dibanding seri Galaxy S9. Sementara itu, Galaxy Note 9 secara total mendapat skor 83.

Perlu diingat, hasil akhir ini bukan menjadi patokan kenyamanan penggunaan ponsel. Faktor lain bisa jadi akan memengaruhi kinerja perangkat.

Baca juga: 5 Ponsel Alternatif iPhone XS Max



Close Ads X