Kompas.com - 03/10/2018, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu netizen ramai membahas kamera depan iPhone XS yang dinilai membuat selfie tampak diberi efek “Beautify”. Kebanyakan tak senang dengan hasil tersebut, sebab wajah tampak terlalu halus, jika tak menyebut palsu.

Pengembang aplikasi kamera “Halide” untuk iOS, Sebastiaan de With, mencoba meluruskan asumsi dan spekulasi netizen. Menurut dia, Apple tak menyematkan filter “Beautify” pada software kamera depannya.

Namun, Apple memakai pendekatan berbeda dalam proses pembidikan selfie. Alih-alih menghasilkan selfie dengan warna dan tekstur tajam, kamera depan iPhone XS memilih mereduksi noise.

Lantas, bagaimana mekanisme pembidikannya? De With mengatakan bahwa kamera depan iPhone XS menjepret dengan shutter speed yang lebih cepat pada ISO yang lebih tinggi.

 

 


Sebagai ganjaran atas noise yang jauh berkurang, foto juga tampak lebih halus. Dalam hal ini, bukan cuma kulit wajah yang diperhalus, melainkan semua komponen dalam foto.

Baca juga: Jepretan Selfie iPhone XS Dikeluhkan Kelewat Palsu

"Kamera depan iPhone XS menggabungkan exposure dan menurunkan tingkat brightness di area terang, sembari menurunkan level gelap di area berbayang," ia menjelaskan.

"Detil foto tetap terjaga, tetapi memang kurang tajam karena kontrasnya mengurang," ia menambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (3/10/2018), dari TheNextWeb.

Masalahnya, pengguna tak diwanti-wanti soal pendekatan berbeda pada proses penjepretan kamera depan iPhone XS. Apple seakan memaksakan kehendak, di mana pengguna mau tak mau mesti rela dengan hasil selfie lembut.

Pada ponsel Android, “Beautify” yang membuat selfie tampak halus bisa dibilang menjadi salah satu fitur populer. Namun, fitur tersebut hadir sebagai opsi, di mana pengguna bisa memilih mengaktifkannya atau menonaktifkannya.

.

.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TheNextWeb


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.