Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia Menurut Google

Kompas.com - 09/10/2018, 17:32 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan industri travel online dinilai cukup pesat. Dengan adanya kemudahan teknologi untuk memesan hotel dan penerbangan, pengguna pun sekarang semakin nyaman dan mudah merencanakan liburan mereka.

Terkait perkembangan terkini di dunia travel online Tanah Air, Google merilis temuan tentang 10 destinasi wisata favorit di Indonesia.

Daftar disusun berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari lewat search engine Google oleh pengguna di Indonesia, sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, dari laporan Google Trends.

Data Google mengungkapkan sejumlah hal menarik. Di antaranya, 8 dari 10 destinasi yang paling banyak dicari ternyata berada di Pulau Jawa. Alasannya, mereka relatif lebih mudah dijangkau oleh peminat yang banyak berasal dari Pulau Jawa pula.

Zulfi Rahadian, Industry Manager Google Indonesia, menuturkan bahwa, dari kesemua destinasi dalam daftar, kota Malang mengalami peningkatan pencarian terbesar dalam dua tahun terakhir.

Doyan belanja

Tingginya pencarian atas Malang, menurut Zulfi, mencerminkan minat warganet untuk berlibur ke kota berhawa sejuk di propinsi Jawa Timur itu.

"Labuan Bajo dan Sumba juga meningkat. Komodo masih populer, tapi pengguna internet juga mulai coba mengeksplorasi Sumba Barat dan Timur," sebut Zulfi dalam acara Media Briefing yang digelar Google di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Untuk domisili warganet yang melakukan pencarian destinasi liburan, Zulfi mengungkapkan sebagian besar masih berasal dari kota-kota besar macam Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Tapi dia menambahkan bahwa warganet di kota-kota secondary cities seperti Pekanbaru, Balikpapan, dan Kuta mengalami peningkatan besar soal kata kunci pencarian yang berhubungan dengan travel, mencapai 48 persen pada bulan Juli 2018 berbanding Januari 2017.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.