Sejumlah Pengguna Windows 10 Pro Tiba-tiba "Downgrade" ke Versi Home - Kompas.com

Sejumlah Pengguna Windows 10 Pro Tiba-tiba "Downgrade" ke Versi Home

Kompas.com - 10/11/2018, 14:23 WIB
Wallpaper khas Windows 10.Microsoft Wallpaper khas Windows 10.

KOMPAS.com - Sesuatu yang aneh terjadi pada sistem operasi Windows 10 baru-baru ini. Beberapa pengguna Windows 10 versi Pro melaporkan lisensi mereka berubah menjadi Windows 10 versi Home.

Perubahan 'downgrade' dari versi Pro ke versi Home secara tiba-tiba itu berakibat pengguna harus mengaktifkan kembali lisensi Windows mereka.

Sejatinya, lisensi Windows 10 harus sesuai dengan versinya, misal lisensir di versi Pro akan berbeda dengan lisensi versi Home. Pengguna harus memasukkan ulang kode aktivasi itu ketika 'upgrade' atau 'downgrade'.

Namun dalam kasus kali ini berbeda, beberapa pengguna Windows 10 Pro gagal memasukkan kode aktivasi karena disebut beda versi. Mereka pun berkeluh kesal di dunia maya.

Salah satu pengguna forum Reddit yang memiliki lisensi Windows 8 Pro yang bisa digunakan untuk 'upgrade' ke Windows 10 Pro secara gratis mengatakan, "Saya mendapat notifikasi lisensi yang saya punya itu untuk versi Windows 10 Home."

Pengguna lain juga melaporkan hal yang sama, sistem operasinya berubah dari Windows 10 Pro menjadi Windows 10 Home.

"Saya memiliki lisensi Windows 10 Pro sekarang yang tidak bisa digunakan lagi karena menjadi versi Home." ungkapnya.

Tim support Microsoft mengklaim sedang menginvestigasi masalah terkait dan mengatakan pengguna tetap bersabar untuk menunggu solusi selanjutnya.

"Pihak kami (Microsoft) minta maaf atas masalah yang terjadi terkait masalah bug 'downgrade' dan server sistem aktivasi Windows." ujar seorang Agen Microsoft di forum Microsoft.

Ia menambahkan, kerusakan ini merupakan sebuah bug yang telah diketahui dan dialami beberapa pengguna di sejumlah negara.

Microsoft menjanjikan para teknisinya sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini dengan tenggat waktu satu hingga dua hari kerja.

Kendati akan diperbaiki dari sisi Microsoft, mereka belum memberikan informasi detail tentang perbaikan yang bisa dilakukan pengguna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WindowsLatest, Sabtu (10/11/2018).

Namun, selagi menunggu perbaikan, pengguna dapat mencoba peruntungan dengan memperbaiki sendiri menggunakan tool Troubleshooter yang dapat diakses di menu Setting > Update & Security > Activation.



Close Ads X