23 Februari, Oppo Pamerkan Kamera Ponsel Zoom 10x

Kompas.com - 22/01/2019, 16:10 WIB
Kamera 5x Dual-Camera Zoom atau Lossless Zoom dari Oppo.Ari Prasetyo/Kompas.com Kamera 5x Dual-Camera Zoom atau Lossless Zoom dari Oppo.

KOMPAS.com - Ajang tahunan Mobile World Congress ( MWC) kerap dimanfaatkan perusahaan teknologi untuk memamerkan beragam inovasi, baik berupa produk flagship maupun penemuan teranyar.

Oppo selama ini lebih memilih opsi kedua. Jika pada MWC 2017 lalu pabrikan China itu memperkenalkan teknologi kamera “5x lossless zoom”, maka di MWC 2019 nanti Oppo percaya diri menghadirkan “10x lossless zoom”.

Inovasi tersebut sebenarnya sudah diperkenalkan di Beijing, China, pekan lalu. Oppo agaknya ingin para pencinta teknologi untuk "get closer" (lebih dekat) dengan kamera 10x lossless zoom di MWC 2019.

Hal ini diumumkan melalui akun Twitter resmi Oppo (@ oppo). Adapun waktu dan tempat peluncurannya pada 23 Februari 2019, pukul 14.00 waktu setempat (20.00 WIB), di Sofia Hotel, Barcelona, Spanyol.

Lantas, apa itu 10x lossless zoom?

Sesuai namanya, teknologi itu memungkinkan kamera smartphone melakukan zoom hingga 10 kali tanpa membuat gambar pecah. Pasalnya, zoom dilakukan secara optik, bukan dari software semata.

Baca juga: Oppo Pamer Kamera Ponsel Periskop dengan Zoom Optik 10x

Biasanya zoom sejauh ini memerlukan lensa yang panjang dan secara desain kurang apik karena membuat perangkat menjadi tebal (bulky). Oppo mengakalinya dengan desain kerangka kamera periskop.

Alih-alih ke depan, lensa digeser menyamping untuk menghemat ruang. Lensa yang digunakan ada tiga,  yakni telephoto, ultra clear master, dan ultra wide angle.

Selain 10x lossless zoom, inovasi lain yang kabarnya bakal diumumkan Oppo di MWC 2019 adalah “wide zone optical fingerprint recognition technology”. Inovasi itu merupakan buah kerja sama dengan Synaptics.

Tujuannya memperluas fungsi fingerprint. Selain untuk membuka dan menutup kunci ponsel, juga bisa untuk mengotorisasi pembayaran mobile.

Barangkali, Oppo pun hendak berbagi informasi mengenail rumor ponsel lipat dan ponsel 5G pertamanya di MWC 2019 nanti. Kita lihat saja.




Close Ads X