Intel Angkat Robert Swan sebagai CEO Tetap

Kompas.com - 01/02/2019, 13:35 WIB
Ilustrasi Robert Swan, CEO Intel ke-7Cnet Ilustrasi Robert Swan, CEO Intel ke-7

KOMPAS.com - Pabrikan chip Intel mengumumkan Robert Swan sebagai CEO tetap mereka yang baru. Swan sebelumnya menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) sekaligus CEO sementara di pabrikan chip tersebut.

Swan menjabat sebagai CFO Intel sejak Oktober 2016, dan mendapat limpahan jabatan sebagai CEO sementara sejak Juni 2018, menyusul pengunduran diri Brian Krzanich, CEO sebelumnya.

Sekarang, pria berumur 58 tahun itu diangkat sebagai CEO tetap ke-7 Intel, pabrikan chip yang sudah berumur 50 tahun. Swan juga dipilih untuk masuk ke dalam jajaran direksi Intel.

Semasa menjabat sebagai CEO sementara, Swan telah mengelola operasi bisnis Intel dan berkolaborasi dengan pemimpin senior Intel dari divisi lain. Dia juga mengklaim telah memahami peluang bisnis dan tantangan yang dihadapi oleh Intel.

Baca juga: Skandal Asmara yang Bikin CEO Intel Mundur

Meski begitu, belum diketahui secara rinci bakal dibawa kemana bisnis pabrikan chip tersebut di bawah kepemimpinan Swan, mengingat ada segelintir kabar yang menyebut bahwa Swan tak menginginkan jabatan CEO.

Namun, Swan sempat mengatakan bahwa dia akan melanjutkan evolusi Intel dari perusahaan berbasis PC itu menjadi perusahaan berbasis data.

Swan juga diharapkan bisa membawa masa depan Intel ke arah yang lebih baik, dan tentunya memimpin operasi bisnis Intel yang stabil.

Sebab, pangsa pasar PC diketahui terus mengalami penurunan. Hal ini disebut terjadi karena maraknya ponsel pintar yang fungsinya sedikit demi sedikit sudah menyerupai komputer.

Sebelum bergabung dengan Intel, Swan juga telah menjabat sebagaI CFO di beberapa perusahaan seperti eBay, Electronic Data System, dan TRW. Dia sendiri memulai karirnya di bidang finance di perusahaan konglomerat asal AS, General Electric, selama 15 tahun.

Terkait jabatan CFO yang otomatis dilepas oleh Swan, sementara bakal diisi oleh Todd Underwood, Vice President of Finance Intel, selagi mencari orang tetap untuk posisi tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNET, Jumat (1/2/2019).




Close Ads X