Alasan YouTube Music Belum Punya Podcast Seperti Spotify

Kompas.com - 06/11/2019, 17:02 WIB
Ilustrasi YouTube Music 9to5GoogleIlustrasi YouTube Music
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan streaming YouTube Music baru saja diresmikan di Indonesia. YouTube Music merupakan aplikasi mirip Spotify yang memungkinkan penggunanya mendengarkan lagu secara streaming.

Namun, berbeda dengan Spotify, YouTube Music tidak punya fitur podcast dan hanya menyediakan streaming musik saja. Pihak Google selaku pemilik layanan itu memiliki alasannya sendiri. 

Baca juga: YouTube Music Meluncur di Indonesia, Bedanya dengan Spotify?

"Saat ini kami sedang melakukan sejumlah riset terkait podcast," kata Product Manager YouTube Music, Brandon Bilinski menjawab pertanyaan KompasTekno lewat video conference di kantor Google di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Brandon melanjutkan, Google sendiri sebenarnya memiliki layanan podcast terpisah dalam bentuj aplikasi Google Podcast yang bisa diunduh di Play Store dan iOS. Seperti di YouTube, pengguna juga bisa berlangganan aneka channel podcast favorit mereka di aplikasi tersebut.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya belum mau mengintegrasikan Google Podcast di dalam layanan YouTube Music.  "Kami belum punya rencana untuk meluncurkan podcast di dalam aplikasi YouTube Music dalam waktu dekat," kata Brandon.

Secara bertahap, lanjutnya, seluruh konten musik di YouTube, seperti cover lagu hingga aneka musik remix, bakal turut hadir di YouTube Music.

Baca juga: Cara Langganan YouTube Music Premium agar Bisa Download Lagu

Podcast adalah rekaman audio serupa siaran radio yang biasanya menyajikan pembahasan suatu topik oleh satu orang atau lebih. Formatnya biasanya audio digital. Sebagian YouTuber ada yang mengunggah konten podcast dengan konsep visual (video).

Beberapa channel podcast populer YouTube di antaranya PowerfulJRE yang dipandu oleh Joe Rogan dan kini telah memiliki 6,69 juta subscriber.

Ada pula channel turunan dari kanal komedi populer h3h3Productions, H3 Podcast yang dibawakan oleh Ethan dan Hila Klein dan kini telah berhasil menggaet 2,1 juta subscriber.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X