Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan YouTube Music Belum Punya Podcast Seperti Spotify

Kompas.com - 06/11/2019, 17:02 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan streaming YouTube Music baru saja diresmikan di Indonesia. YouTube Music merupakan aplikasi mirip Spotify yang memungkinkan penggunanya mendengarkan lagu secara streaming.

Namun, berbeda dengan Spotify, YouTube Music tidak punya fitur podcast dan hanya menyediakan streaming musik saja. Pihak Google selaku pemilik layanan itu memiliki alasannya sendiri. 

Baca juga: YouTube Music Meluncur di Indonesia, Bedanya dengan Spotify?

"Saat ini kami sedang melakukan sejumlah riset terkait podcast," kata Product Manager YouTube Music, Brandon Bilinski menjawab pertanyaan KompasTekno lewat video conference di kantor Google di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Brandon melanjutkan, Google sendiri sebenarnya memiliki layanan podcast terpisah dalam bentuj aplikasi Google Podcast yang bisa diunduh di Play Store dan iOS. Seperti di YouTube, pengguna juga bisa berlangganan aneka channel podcast favorit mereka di aplikasi tersebut.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya belum mau mengintegrasikan Google Podcast di dalam layanan YouTube Music.  "Kami belum punya rencana untuk meluncurkan podcast di dalam aplikasi YouTube Music dalam waktu dekat," kata Brandon.

Secara bertahap, lanjutnya, seluruh konten musik di YouTube, seperti cover lagu hingga aneka musik remix, bakal turut hadir di YouTube Music.

Baca juga: Cara Langganan YouTube Music Premium agar Bisa Download Lagu

Podcast adalah rekaman audio serupa siaran radio yang biasanya menyajikan pembahasan suatu topik oleh satu orang atau lebih. Formatnya biasanya audio digital. Sebagian YouTuber ada yang mengunggah konten podcast dengan konsep visual (video).

Beberapa channel podcast populer YouTube di antaranya PowerfulJRE yang dipandu oleh Joe Rogan dan kini telah memiliki 6,69 juta subscriber.

Ada pula channel turunan dari kanal komedi populer h3h3Productions, H3 Podcast yang dibawakan oleh Ethan dan Hila Klein dan kini telah berhasil menggaet 2,1 juta subscriber.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com