Cerita Gaun Hijau Jennifer Lopez yang Melahirkan Fitur Pencari Foto di Google

Kompas.com - 09/01/2020, 13:16 WIB
Jennifer Lopez dan Donatella Versace saat Peragaan busana Versace Spring Summer 2020, Milan Fashion Week, Italia - 20 Sep 2019 WWD/ShutterstockJennifer Lopez dan Donatella Versace saat Peragaan busana Versace Spring Summer 2020, Milan Fashion Week, Italia - 20 Sep 2019

KOMPAS.com - Penyanyi asal Amerika Serikat (AS) Jennifer Lopez atau yang dikenal dengan JLo ternyata memiliki kontribusi atas lahirnya fitur pencari foto/gambar Google Image Search.

Meski tidak mendukung secara teknis, namun siapa sangka, jika gaun hijau kreasi Versace yang dipakai Jennifer Lopez ketika tampil dalam ajang Grammy Awards pada Februari 2000 silam, ternyata menjadi pemicu lahirnya Google Image Search.

Lalu bagaimana Jennifer Lopez dan gaun hijau itu dapat menginspirasi lahirnya fitur Google Image Search?

Baca juga: Google Hapus Tombol View Image dari Hasil Googling, Ada Apa?

Gaun hijau yang dipakai Jennifer Lopez pada Grammy Awards 2000 bukan hanya membuat orang terpukau saat ia datang di karpet merah, namun juga menjadi bahan pembicaraan keesokan harinya, dan menjadi sensasi dunia.

Pengguna internet pun beramai-ramai mencari foto yang dimaksud, lewat mesin pencari Google. Keyword gaun hijau Jennifer Lopez menurut Google menjadi kata kunci tertinggi saat itu.

"Namun kami tidak memiliki cara pasti untuk memenuhi permintaan pengguna, persis seperti yang mereka inginkan, (foto) JLo memakai gaun itu," kata CEO Google kala itu, Eric Schmidt.

Ketika Google lahir pada 1998, fitur Google Image Search memang belum tersedia. Baru setelah Schmidt menyadari susahnya pengguna Google mencari foto yang mereka inginkan, fitur itu ditambahkan.

"Lalu lahirlah Image Search," kata Schmidt.

Gaun hijau Jennifer Lopez yang membuat netizen penasaran, sehingga Google membuat fitur pencari foto.Google Image Search Gaun hijau Jennifer Lopez yang membuat netizen penasaran, sehingga Google membuat fitur pencari foto.

Menurut Google, fitur pencarian foto di layanan Search sendiri mulai diluncurkan pada Juli 2001. Layanan ini memungkinkan pengguna mencari konten gambar di web.

Baca juga: Foto dari Google Photos Kini Bisa Dikirim lewat Chatting

Kata kunci pencarian gambar didasarkan pada nama file foto, teks tautan yang mengacu ke gambar/foto, dan teks di dekat gambar.

Jennifer Lopez pun dalam sebuah kesempatan wawancara, mengatakan bahwa beberapa tahun setelahnya ia baru mengetahui bahwa gaun hijau yang ia kenakan saat Grammy Awards 2000  menjadi pemicu lahirnya Google Image Search.

"Beberapa tahun kemudian, saya mengetahui bahwa setelah malam itu (Grammy Awards 2000), dan karena gaun itu, Google Images jadi dibuat," kata JLo.

Hampir sepuluh tahun kemudian, gaun fenomenal itu pun dirancang ulang oleh Versace, dan dipakai oleh Jennifer Lopez dalam peragaan busana Milan Fashion Week, September 2019 lalu.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X