Inikah Smartphone 5G Paling Murah dari Samsung?

Kompas.com - 07/07/2020, 17:11 WIB
Samsung Galaxy A51 (kiri) dan Galaxy A71 dalam acara peluncuran di Jakarta, Selasa (14/1/2020). KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMOSamsung Galaxy A51 (kiri) dan Galaxy A71 dalam acara peluncuran di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

KOMPAS.com - Pada April lalu, Samsung merilis Galaxy A51 dan Galaxy A71, dua smartphone seri A pertama yang mendukung jaringan 5G. Di Amerika Serikat (AS), Galaxy A71 5G dijual seharga 599 dollar AS atau sekitar Rp 8,6 juta.

Harga tersebut sekitar separuh dari Galaxy S10 5G yang sudah lebih dulu dijual dengan harga 1.149 dollar AS, atau sekitar Rp 16,6 juta.

Smartphone dengan kemampuan 5G saat ini memang masih dibanderol dengan harga yang tinggi. Konon, harga komponen untuk perangkat 5G memang beberapa kali lipat dari 4G.

Namun, sebuah laporan terbaru mengatakan bahwa Samsung saat ini tengah memersiapkan smartphone 5G anyar dengan banderol yang lebih murah yakni Galaxy A42.

Ponsel tersebut, konon akan dijual dengan harga lebih rendah ketimbang Galaxy A51 dan Galaxy A71 versi 5G. Sebab biasanya, urutan seri dan penomoran pada smartphone Samsung juga merepresentasikan perbedaan harga.

Baca juga: Samsung Umumkan Exynos 880, Chip 5G untuk Ponsel Menengah

Menurut rumor yang beredar, Galaxy A42 memiliki nomor model SM-A426B. Ponsel ini disebut akan diluncurkan pada 2021 mendatang.

Kemungkinan, perangkat ini juga akan tersedia dalam versi 4G. Seperti Galaxy A51 dan A71, model yang mendukung jaringan 5G disinyalir akan bernama Galaxy A42 5G.

Beberapa bocoran spesifikasi utama ponsel ini sudah beredar. Ponsel ini akan dibekali memori internal 128 GB, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmo China, Selasa (7/7/2020).

Varian warna yang akan tersedia adalah abu-abu, hitam, dan putih. Soal spesifikasi lainnya belum banyak informasi yang terkuak.

Akhir tahun lalu, Samsung dikabarkan akan lebih banyak merilis smartphone 5G murah tahun ini hingga tahun 2021 mendatang.

Menurut informasi yang berkembang, vendor asal Korea Selatan itu sedang melakukan negosiasi dengan MediaTek terkait penggunaan chipset 5G murah. Kemungkinan, chipset itu akan dipasang di seri Galaxy A dan M.

Baca juga: Mediatek Dimensity 820 Meluncur, Chipset 5G Untuk Ponsel Kelas Menengah

Di luar produksi ponsel 5G murah, dalam waktu dekat, Samsung aka segera merilis beberapa produk baru. Salah satunya adalah Galaxy Watch 3 dan Galaxy Bud yang kabarnya akan dirilis 22 Juli mendatang.

Samsung juga disebut akan merilis Galaxy Tab S7 dalam waktu dekat. Selain itu, pada 5 Agustus nanti, Galaxy Note 20, Galaxy Fold 2, dan Galaxy Z Flip 5G kabarnya juga akan diperkenalkan.



Sumber Gizmochina
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X