Mediatek Dimensity 820 Meluncur, Chipset 5G Untuk Ponsel Kelas Menengah

Kompas.com - 19/05/2020, 17:08 WIB
Mediatek Dimensity 820. MediatekMediatek Dimensity 820.

KOMPAS.com - Pekan ini, Mediatek mengumumkan chipset 5G teranyarnya dari keluarga Dimensity, yakni Dimensity 820.Seperti namanya, System-on-Chip (SoC) tersebut merupakan penerus dari DImensity 800 yang sempat diumbar Desember tahun lalu.

Di atas kertas, Dimensity 820 diposisikan tepat di bawah chipset flagship Dimensity 1000 dan dirancang untuk ponsel kelas menengah. Meski beda kelas, keduanya merupakan chipset yang sudah mengadopsi fitur konektivitas 5G.

"Dengan Dimensity 820 baru ini kami sekarang membuat 5G lebih bisa diakses,” ujar Assistant General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek, Yenchi Lee dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (19/5/2020). 

Baca juga: Pasaran Ponsel 5G Dunia Didominasi Merek China

Sebagai suksesor Dimensity 800, Dimensity 820 dibekali dengan sejumlah peningkatan, salah satunya berasal dari aspek prosesor (CPU).

Chipset yang dimanufaktur dengan teknologi fabrikasi 7 nanometer (nm) ini dipersenjatai dengan CPU delapan inti (octa-core).

Kedelapan inti CPU tersebut terdiri dari empat inti prosesor Cortex-A76 dengan kecepatan clock 2,6 GHz dan empat inti prosesor Cortex-A55 berkecepatan 2,0 GHz.

CPU tersebut dipadu dengan pengolah grafis (GPU) yang ARM Mali G57, serupa dengan pendahulunya. Namun, GPU tersebut kini dibekali dengan lima inti, alih-alih empat bak Dimensity 800.

GPU ini juga ditemani dengan teknologi HyperEngine 2.0, memungkinkan pengalaman bermain game yang lebih mumpuni dibanding generasi sebelumnya.

Dimensity 820 sendiri dibekali dengan chipset 5G terintegrasi yang mendukung jaringan sub-6GHz, baik stand alone (SA) maupun non-stand alone (NSA).

Fitur penunjang lainnya mencakup dukungan layar dengan refresh rate 120 Hz yang mampu menampilkan gambar hingga resolusi Full HD Plus.

Baca juga: MediaTek Diduga Curangi Skor Benchmark

Ada pula chip pengolah gambar (ISP) Imagiq 5.0 yang kini mampu menampung kamera hingga resolusi 80 MP, berikut dukungan konfigurasi mencapai empat kamera, fitur perekaman video 4K, serta penstabil gambar elektronik (EIS).

Kendati diperkenalkan, Mediatek belum mengumbar informasi ketersediaan chipset terbarunya ini.

Yang jelas, ponsel teranyar bikinan Xiaomi, Redmi 10X bakal menjadi ponsel pertama yang mengadopsi chipset demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Selasa (19/5/2020).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X