Facebook Akuisisi Unit 2 Games, Pembuat Platform Kreasi Game "Crayta"

Kompas.com - 08/06/2021, 08:09 WIB
Ilustrasi Unit 2 Games yang diakuisisi FAcebook Gaming. FacebookIlustrasi Unit 2 Games yang diakuisisi FAcebook Gaming.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Facebook mengakuisisi Unit 2 Games, studio game yang merancang Crayta, sebua platform kolaborasi untuk membuat game dengan mudah tanpa harus membuat serangkaian kode.

Nilai akuisisi Unit 2 Games tidak disebutkan. Namun, VP Facebook Gaming, Vivek Sharma mengatakan langkah tersebut bakal mempermudah proses pembuatan game di platform Facebook Gaming sekaligus memperluas segmen kreator konten ranah gaming.

"Di masa depan, para pengguna Facebook bakal bisa merasakan (membuat game) dalam hitungan menit tanpa harus menulis kode," kata Sharma dalam keterangan resmi di situs web Facebook Gaming. 

Baca juga: Penerbit Game Mobile Netmarble Tutup Kantor di Indonesia

Hal yang sama turut disampaikan CEO Unit 2 Games, Richard Smithies. Menurut Richard, perusahaanya dan Facebook Gaming memiliki satu visi yang sama, yaitu memberikan kemudahaan bagi para pengguna awam untuk membuat gamenya sendiri.

"Menggabungkan dua perusahaan memungkinkan kami menjajaki peluang baru dan mewujudkan berbagai potensi yang ada secara maksimal," tutur Richard di pengumuman terpisah.

Selain itu, teknologi Crayta juga bakal diintegrasikan dengan teknologi cloud streaming yang dimiliki Facebook, sehingga memungkinkan pengguna awam berkolaborasi menciptakan sebuah game yang bisa dimainkan secara gratis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Begini Cara Gamer Dapat Uang dari Facebook Gaming

Dengan akuisisi tersebut, Sharma mengatakan bahwa para karyawan di Unit 2 Games bakal bekerja di bawah naungan Facebook. Richard memastikan bahwa Crayta berikut fitur-fiturnya akan tetap tersedia bagi para komunitas gaming seperti sebelum akuisisi. 

Artinya, pengguna masih bisa memonetisasi game yang dibuat menggunakan Crayta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Crayta.com, Selasa (8/6/2021).

 Crayta pertama kali dirilis pada Juli 2020 lalu. Software pembuat game tersebut bisa diunduh secara gratis di Stadia melalui tautan berikut dan Epic Game Store di link ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X